Tanggul Saluran irigasi dukuh tapen rusak, TNI dan komponen Masyarakat kerja bakti

Pati- Saluran irigasi yang berada di dukuh Tapen Desa Guyangan Kecamatan Winong yang diperuntukkan untuk kepentingan pengairan pertanian masyarakat di Wilayah kecamatan Winong mengalami kerusakan dibagian tanggul penahan air tiga hari lalu sehingga menggenangi jalan yang menghubungkan dukuh Tapen desa Guyangan menuju Sugihan.



Saluran irigasi serta jalan tersebut dibawah Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pati sekitar tiga hari, air menggenangi jalan penghubung antar desa ini  mengakibatkan kerusakan dan menimbulkan lubang disana sini sehingga membahayakan pengguna jalan yang melewati jalan tersebut.


Untuk mencegah kerusakan jalan lebih parah serta antisipasi kerusakan tanggul penahan air yang sewaktu-waktu apabila turun hujan, maka Muspika Winong melaksanakan  koordinasi dengan  pemerintahan Desa, Pihak dinas PU Kabupaten Pati sehingga pada hari ini diadakan Kerja Bakti bersama. Jumat, 10/1/2020.


Jebolnya tanggul penahan air ini  merupakan murni bencana alam diakibatkan imbas dari curah hujan yang tinggi sehingga tanggul saluran air tidak dapat menampung besarnya debit air hujan yang mengalir di sungai tersebut.


Kegiatan gabungan yang diikuti oleh 14 orang anggota Koramil Winong dipimpin langsung oleh Danramil 18/Winong Kapten Cba Indro Wharman, Polsek Winong 18 Orang, Pemerintah Kecamatan Winong 4 orang, Kepala Desa beserta perangkat 10 orang dan Masyarakat dukuh Tapen sebanyak 40 orang.


Terdapat 4 titik kerusakan tanggul penahan air yang diakibatkan oleh luapan sungai Tapen sehingga meluber ke jalan dan menyebabkan jalan rusak, bahkan air juga sudah meluap ke persawahan sehingga tanaman padi yg masih berumur satu bulan menjadi rusak bahkan mati.


Kerja bakti yang dilaksanakan hari ini adalah dengan menimbun dibagian tanggul yang rusak dengan material tanah yang dimasukkan kedalam karung sehingga menjadi padat untuk menahan air sementara sambil menunggu pekerjaan perbaikan selanjutnya.


Danramil 18/Winong Kapten Cba Indro Wharman menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah sebagai penanggulangan sementara atau antisipasi apabila hujan turun sehingga  arus sungai melimpah.


"Kita upayakan perbaikan tanggul ini secepatnya sambil menunggu perbaikan lebih lanjut dari Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pati,"


"Kami dari Muspika Winong beserta jajaran bersama dengan PU bergabung dengan masyarakat agar perbaikan cepat selesai Untuk mencegah luapan air apabila terjadi lagi hujan deras disekitar wilayah kecamatan Winong,"Ucap Indro.(Snpt.pendim)

About LintasPati.Com

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.