Dandim Pati pimpin kirab pusaka dari Kodim Pati menuju ke Gedung Joeang 45 Pati

Pati –Masih dalam rangkaian kegiatan memeriahkan HUT ke-74 Tentara Nasional Indonesia tahun 2019, Kodim 0718/Pati bersama Komunitas pecinta Tosan Aji "Panji Malwopati" menggelar pameran dan bursa Tosan Aji di Gedung Joeang 45 Kabupaten Pati. Jumat,27/09/19.


Acara Pameran serta bursa Tosan Aji akan dilaksanakan mulai tanggal 27 sampai 29 September 2019 sedangkan pameran serta bursa tanaman Bonsai sudah berlangsung dari tanggal 25 september dan berahir tanggal 30 september 2019.

Didahului dengan acara kirab pusaka milik Kabupaten Pati "Kuluk Kanigoro dan keris rambut pinutung" pemberangkatan kirab dilepas oleh Komandan Kodim 0718/Pati dari Markas Kodim Pati menuju Gedung Joeang 45 Kabupaten Pati yang diiring oleh anggota Tosan Aji berpakaian adat pati, anggota Kodim dan paskibra Kabupaten Pati.

Sesampai di finish gedung joeang 45 Pati dilanjutkan acara Pemotongan pita oleh Dandim Pati sebagai tanda dimulainya rangkaian kegiatan pameran sekaligus membuka pelaksanaan pameran Bonsai, dan pameran Tosan Aji.

Rangkaian kegiatan untuk menyambut HUT ke-74 TNI ini bertajuk "Kirab Budaya Pameran Tosan Aji" dan pameran Bonsai ini berlangsung secara bersamaan dalam satu lokasi di gedung joeang 45 Pati agar memudahkan para pengunjung serta kolektor.

Dalam sambutanya, Dandim 0718/Pati Letkol Arm Arief Darmawan, S.Sos menyampaikan  terimakasih kepada semua pihak yang membantu kegiatan, saudara-saudara dari komunitas Tosan Aji, anggota Kodim serta paskibra sehingga acara Kirab Budaya dalam rangka memperingati HUT KE - 74 TNI dapat terlaksana.

"Pagi hari ini kita akan melaksanakan Prosesi dalam rangka pameran tosan aji, pameran ini bisa memberikan pengetahuan dan pembelajaran kepada masyarakat kabupaten Pati ,dengan sasaran kepada generasi muda agar mengenal tradisi serta budaya Jawa," Ucap Arief. 

"Dengan kegiatan ini Generasi muda yang ada di kabupaten Pati agar tidak lupa dengan kebudayaan atau tradisi leluhur"

"Kegiatan ini akan dilaksanakan mulai tanggal 27 sd 30 September 2019 di gedung juang 45 dan semoga dengan kegiatan yang di laksanakan dari awal sampai dengan selesai dapat di ambil manfaatnya oleh masyarakat,"Jelasnya. 

Sementara itu Ketua panitia pameran Tosan Aji Suparno menyampaikan bahwa ada sebanyak 150 Tosan Aji, tetapi yang mengikuti bursa Tosan Aji ada banyak sekali sekitar ribuan berasal dari wilayah Jawa tengah , Yogyakarta dan Jawa Timur.

Sedangkan dari 150 benda pusaka/Tosan Aji yang dipamerkan terdiri dari 25 tombak dan selebihnya didominasi jenis keris yang dimiliki oleh para kolektor sekitar wilayah Kabupaten Pati dan sekitarnya.(Snpt/Pendim)

About LintasPati.Com

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.