Satu Rumah Warga Tertimpa Tanah Longsor

Lintaspati.com, Wonosobo - Batuud Koramil 14/Sukoharjo Kodim 0707/Wonosobo Pelda Mulyono meninjau tanah longsor di  Desa Pulus dan Dusun Pandaklor Desa Pucung Wetan, Sukoharjo yang terjadi kemarin sore akibat hujan turun terus menerus dalam beberapa hari ini. Jumat (11/3/2022).

Dalam kesempatan tersebut Pelda Mulyono melaporkan bahwa pada hari Kamis 10 Maret 2022 pukul 17.30 di Desa Pulus Sukoharjo tanah setinggi 8 meter lebar 15 meter longsor menimpa rumah Ahmad Dikin dan Subiyanto. Untuk sementara waktu karena kondisi rumah membahayakan dan hujan masih turun maka korban diungsikan ke saudaranya.

Setelah meninjau dan koordinasi dengan perangkat desa guna mengambil langkah pertolongan kepada korban Batuud meninjau tanah longsor lagi yang ada di Dusun Pandak Lor, Desa Pucung Wetan, Sukoharjo tanah setinggi 6 meter, lebar 6 meter longsor menutup jalan kampung.

Mendapat laporan dari Koramil Jajaran Kodim, Letkol Inf Rahmat selaku Dandim memerintahkan kepada para Danramil dan anggotanya agar memantau dan membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan.  Karena hasil dari laporan para Danramil di Wonosobo banyak terjadi bencana tanah longsor dan banjir.

Lebih lanjut disampaikan bahwa laporan perkiraan cuaca dari BMKG, wilayah Wonosobo dalam beberapa minggu kedepan masih turun hujan dengan intensitas yang cukup tinggi,  untuk itu kepada semua anggota diperintahkan memantau wilayah binaanya masing-masing.

"Berikan sosialisasi kepada masyarakat untuk bersama –sama memantau lingkungannya masing – masing.  Mengingat hampir semua wilayah di Wonosobo merupakan daerah perbukitan, dengan tingkat kemiringan yang cukup tinggi. Ditambah curah hujan yang masih tinggi sehingga memungkinkan bencana susulan bisa terjadi.  Untuk itu agar kerugian bisa diminimalisir maka diperlukan kepedulian semua pihak bersama sama saling menjaga," pungkas Dandim.


About LintasPati.Com

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.