Pembinaan Kelompok Budidaya Ikan Lele

Lintaspati.com, Wonosobo - Guna mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan, Anggota Koramil 10/Selomerto Peltu Nur Ansori dan Sertu Andi Marendra melaksanakan kegiatan pendampingan dan pembinaan kepada  Kelompok budidaya ikan(pokdakan) " Merah Putih Farm Grup di Dusun Pagedangan, Desa Tumenggungan, Kecamatan Selomerto, Kabupaten Wonosobo. Rabu (26/01/2021).

Kegiatan pendampingan dan pembinaan kepada kelompok peternak lele ini sebagai salah satu kegiatan membantu pemerintah menciptakan ketahanan pangan, disamping itu membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Peltu Nur Anshori Batuud Koramil 10 Selomerto dan juga sebagai ketua Pokdaktan menyampaikan budidaya  lele yang diternakan adalah jenis lele sangkuriang.  Ini dipilih karena mempunyai beberapa keunggulan bila dibanding dengan jenis lele lain seperti masa panen pendek yaitu 50-60 hari panen bisa panen.

Lebih lanjut disampiakan bahwa budidaya ikan lele sangat menguntungkan bagi masyarakat sekelilingnya. Karena pemeliharaan ikan lele sangat mudah perawatannya sehingga cocok untuk kegiatan sampingan termasuk untuk pemanfaatan lahan yang ada di sekitar lingkungan rumah. Ikan Lele yang dipelihara juga pendek usia panennya serta mudah dalam melakukan pemasaran di wilayah Kabupaten Wonosobo.

"Kegiatan tersebut dapat terus dilanjutkan dan dikembangkan, sehingga bisa menghasilkan pendapatan warga, dan dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi warga, dengan harapan kedepan, dapat menjadi contoh bagi masyarakat sekitar dalam mengembangkan wirausaha ternak lele dan sekaligus program ketahanan pangan." Ujar Batuud.

Dengan adanya usaha perikanan tersebut merupakan salah satu usaha untuk mewujudkan ketahanan pangan warga masyarakat jangan sampai mengandalkan di sektor pertanian saja namun warga masyarakat harus mempunyai semangat yang tinggi untuk memanfaatkan lahan pekarangannya masing-masing yang dapat memberikan nilai tambah secara ekonomi.

About LintasPati.Com

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.