Latihan Penanggulangan Bencana Sebagai Upaya Kesiapan TNI Bantu Pemda

Lintaspati.com, Wonosobo - Korem 072/Pamungkas menyelenggarakan Latihan Penanggulangan Bencana Alam  TA. 2021, dengan peserta Anggota Kodim 0707/Wonosobo selama 5 hari.  Adapun pelaksanaan latihan teori 2 hari dan praktek 3 hari dengan tempat di Desa Jebleng Plampitan Sukoharjo. Senin (15/11)

Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf. Heri Dwi Subagyo yang membuka acara latihan membacakan amanat Danrem menyatakan bahwa kondisi geografi wilayah Jawa Tengah memiliki potensi bencana alam yang sangat beragam, baik berupa gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi maupun bencana  banjir dan tanah longsor, yang menuntut kita semua untuk selalu siap melaksanakan operasi  penanggulangan bencana alam. 

Untuk itu, latihan penanggulangan bencana   alam  dinilai  sangat penting guna memelihara dan meningkatkan kemampuan satuan dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan penanggulangan bencana alam yang mungkin terjadi.

Lebih lanjut disampaikan tujuan dari latihan adalah untuk memantapkan kerjasama antara TNI, Polri dan Pemda Wonosobo serta komponen bangsa terkait lainnya, sehingga siapa berbuat apa menjadi lebih jelas.

" Mekanisme kegiatan berjalan sesuai SOP/ Protap yang dihasilkan, sehingga saat terjadi bencana siapa berbuat apa langsung bisa dikerjakan dan permasalahan bencana segera teratasi," kata Kasrem.

Kepada penyelenggara latihan, laksanakan seluruh tahapan latihan dengan sungguh-sungguh mulai tahap perencanaan hingga pengakhiran,  catat hal-hal yang menonjol sebagai bahan evaluasi dan perhatikan faktor keamanan baik personel maupun materiil dalam situasi Pandemi Covid -19.

" Pedomani protokol kesehatan.  Kepada para peserta ikuti dengan seksama sehingga ilmu yang didapat bisa diaplikasikan saat terjadi bencana, pungkas Kasrem.

Dandim 0707/Wonosobo Letkol Inf Rahmat  menyampaikan terima kasih kepada Korem 072/Pamungkas yang telah menunjuk Kodim sebagai tempat latihan.  Ini menjadi keberuntungan tersendiri dimana kita diberikan materi sehingga bisa belajar dengan benar bagaimana caranya mengatasi bencana alam dengan baik sehingga korban bisa diminimalir.

About LintasPati.Com

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.