OPTIMALISASI PEMANFAATAN DAUN SIRIH DAN JERUK NIPIS SEBAGAI PRODUK HAND SANITIZER ALAMI


                        
Tanaman yang tumbuh disekitar kita sangat beragam jenisnya. Semua tanaman tersebut memiliki kasiat dan manfaat masing-masing yang dapat dimanfaatkan untuk obat, sayuran, dan manfaat yang lainnya. Tanaman yang memiliki banyak khasiat dan manfaat salah satunya adalah daun sirih dan jeruk nipis, dimana kedua bahan tersebut merupakan bahan yang kaya akan manfaat dan kegunaan yang sangat banyak.

Daun sirih merupakan tanaman merambat yang banyak tumbuh di wilayah Indonesia. Tanaman ini merupakan jenis tanaman yang mengandung banyak air, dimana 85-90% bagiannya terdiri dari air. Selain itu daun sirih juga merupakan daun yang mengandung senyawa flavonoid, polifenol, tannin dan minyak atsiri (Mulyono, 2003) Daun sirih memiliki banyak sekali manfaat diantaranya menurunkan gula darah, menurunkan kolestol dan tekanan darah, sebagai obat mimisan, dan masih banyak lagi. Selain daun sirih jeruk nipis juga memiliki manfaat yang sangat beragam yaitu sebagai bahan untuk minuman, membantu menurunkan berat badan, menjaga kadar gula darah, dan lain sebagainya. Jeruk nipis (Citrus aurantifolia swingle) mengandung unsur- unsur senyawa kimia yang bermanfaat, seperti asam sitrat, asam amino, minyakat siri, glikosida, asamsitrun, lemak, kalsium, fosfor, besi, serta vitamin B1 dan C.

Tapi selain manfaat-manfaat tersebut daun sirih dan jeruk nipis juga bisa dimanfaatkan sebagai produk hand sanitizer alami dimana kandungan yang ada pada daun sirih dan jeruk nipis dapat digunakan sebagai antiseptik alami untuk mematikan virus dan bakteri, sedangkan jeruk nipis digunakan sebagai pengurang bau dari daun sirih sekaligus sebagai anti oksidan karena daun sirih merupakan daun yang mudah teroksidasi. Pada masa pendemi seperti ini tentunya hand sanitizer menjadi salah satu barang yang wajib dibawa saat kita ingin melakukan aktifitas diluar ruangan agar kebersihan tangan kita tetap terjaga. Nah untuk itu kita dapat memanfaatkan daun sirih dan jeruk nipis ini sebagai bahan untuk membuat produk hand sanitizer alami tersebut yang tentunya bahan dan proses pembuatannya sangat mudah serta bahan-bahannya yang hemat dan mudah untuk di dapat. 

Bahan yang diperlukan dalam pembuatan daun sirih ini terdiri dari 50 gram daun sirih, jeruk nipis, dan 200 ml air mineral. Cara pembuatannya adalah yang pertama kita cuci dulu daun sirih dan jeruk nipis sampai bersih setelah itu kita angin-anginkan sampai kering dan kandungan airnya hilang. Setelah dicuci bersih selanjutnya potong kecil-kecil daun sirih dan rebus daun sirih dengan air mineral yang telah disiapkan selama kurang lebih 15 menit dengan api kecil bersuhu kurang lebih 90 derajat (sampai airnya mendidih). Setelah mendidih dan direbus selama 15 menit, angkat dan saring air ekstrak daun sirih (dari ekstrak daun sirih yang telah kita buat adalah sekitar 25% dari bobot daun sirih). Kemudian diamkan sampai dingin, dan setelah dingin kita tambahkan jeruk nipis pada ekstrak daun sirih sebanyak 8% atau sebanyak 8 ml lalu aduk kedua bahan tersebut sampai merata. Dan setelah tercampur secara merata kita dapat memindahkan air campuran ekstrak daun sirih dan jeruk nipis kedalam botol spray dan hand sanitizer alami siap digunakan.

Produk hand sanitizer dari bahan alami ini sangat aman digunakan dan terbukti dapat mematikan virus dan bakteri. Dalam penggunaannya produk hand sanitizer alami ini hanya mampu bertahan sekitar 5-7 hari sehingga produk hand sanitizer ini tidak dapat diperjualbelikan dan hanya untuk keperluan pribadi.

PENULIS :
Yunnafa Salsa Bella (Anggota Kelompok KKN MDR Adhinata IPMAFA Pati Tahun 2021)

About redaksi

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.