Menerapkan pendidikan informal pada anak usia dini


Penulis : Nurul hidayah

 Waktu yang tepat untuk memulai pendidikan adalah sejak usia dini, sebab anak usia dini memiliki keunikan yang tidak ada pada usia selanjutnya.

 Pendidikan ini dinamakan pendidikan informal. Pendidikan informal adalah pendidikan yang dilakukan oleh keluarga atau lingkungan sekitar dan kegiatan belajar ini dilakukan secara mandiri.  pendidikan ini tidak terorganisir dan tidak mendapatkan ijazah dan dapat dipelajari  dan diterapkan seumur hidup. Banyak contohnya pendidikan informal seperti pendidikan agamis, pendidikan karakter, pendidikan akhlak dan cara bersosialisasi dengan lingkungannya.

 Pendidikan ini harus dimulai sejak dini karena sangat penting bagi kehidupan anak yang akan datang. Pendidikan informal ini tidak ada jenjang pendidikan karena proses pendidikan informal ini terlihat dari kualitas diri anak yang terlihat  dalam kehidupan sehari-sehari. Dan orang tua sangat memiliki peran penting sebagai pendidik dan guru yang pertama bagi anaknya. 

 Berhasil atau tidaknya pendidikan formal tergantung dan dapat dipengaruhi oleh keluarga, oleh sebab itu pendidikan informal orang tua harus terlibat dalam proses pembelajaran yang efektif dan bermakna   karena orang tua sebagai pendidik,pembimbing, fasilitator,motivator dan inovator. bagaimana cara orang tua menerapkan  pendidikan informal pada anak usia dini? 

1. Yang pertama yaitu Karena masa kanak-kanak merupakan hal yang penting untuk masa-masa yang akan datang dan khususnya  untuk pribadinya, orang tua harus memberi pengalaman yang berwarna untuk perkembangan   selanjutnya. 
2. Yang kedua yaitu orang tua harus membentuk emosional pada anak yang dapat  menjadikan pokok pembentukan emosional pada anak seperti 

Orang tua harus memberi perhatian yang tinggi seperti mengontrol kelakuannya dan memberi perhatian yang tinggi akan tetapi orang tua tidak boleh membedakan anak satu dengan yang lainnya. 

Orang tua harus bersikap lemah lembut dan menyelipkan nilai-nilai pendidikan pada semua tingkah lakunya.

Memberikan contoh hidup yang bermanfaat dan menumbuhkan sikap mandiri pada anak dalam aktifitas sehari-hari 
3. Yang ketiga yaitu orang tua harus  menanamkan dasar dasar yang baik  karena anak selalu menirukan dan mencotoh perbuatan orang tua karena pepatah mengatakan buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Jadi orang tua harus menjadi contoh dan suri teladan yang baik bagi anak.  Yang keempat memberikan pendidikan sosial dikeluarga karena sosial keluarga merupakan komunitas terkecil tempat awal anak mengenal nilai sosial. 
4. Yang terakhir harus memberikan ilmu dasar agama karena masa kanak kanak adalah masa yang paling baik untuk menanamkan nilai dasar keagamaan. 
Yuk didiklah anak dari mulai usia dini dengan hal baik  seperti memantapkan akidahnya , melatih anak hidup mandiri agar tidak bergantung pada orang lain tapi ajarkan juga cara menghormati dan menghargai orang lain, buat anak optimis jangan pesimis tapi jangan sampai membuat anak menjadi sombong, batasi anak bermain hp agar tidak terlalu kecanduan bermain hp untuk mengatasi itu orang tua bisa mengajak anak ketoko buku atau mengajak anak membaca buku, yuk terapkan pendidikan informal pada anak sejak dini agar kita tidak menyesal di hari tua nanti.

About redaksi

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.