MULAI PAHAMI MANFAAT GMAIL DARI SEKARANG

MULAI PAHAMI MANFAAT GMAIL DARI SEKARANG

Email masih dianggap remeh bagi Sebagian orang, karena kita tahu. Sesuatu akan dianggap penting apabila kita mengetahui tentang pemanfaatan dan kegunaanya. Sedangkan yang tidak mengerti akan menganggapnya sesuatu yang tidak penting, dan akan mengabaikannya begitu saja. Kebanyakan orang membuat email hanya untuk mengaktifasi satu kegunaan. 

Contoh, Ketika media sosial mulai marak digunakan oleh kita, seperti Facebook, Twitter dan lain-lain. Kita membuat email untuk mendaftarkan diri di media sosial, kemudian di ingat hanyalah nama dan password pada medsos dan melupakan email yang sudah di buat. 

Dan Ketika email sudah tidak bisa dibuka karena lupa password, maka hal yang dipilih lebih adalah pembuatan email yang baru. Padahal lebih penting email dari pada sosmed kita. Kenapa seperti itu? Karena emaillah yang menjadi induk dari sosmed tersebut.

Pada awalnya email yang sering di pakai adalah dari yahoo, kita sering menyebutnya dengan yahoo mail. Dengan berkembangnya waktu muncullah google mail yang menawarkan penyimpanan yang lebih besar dan berbagai fitur atau layanan yang dapat kita akses dengan gmail ini. Sehingga membuat yahoomail semakin tenggelam dan ditinggalkan oleh penggunanya.

Kejayaan gmail ini semakin terlihat Ketika mereka menggandeng salah satu OS (Operational System) dalam sebuah smartphone, yaitu android. Pengguna android pun hampir merata, dengan secara tidak langsung pula, penggunanya harus memiliki akun gmail. Kitapun memasuki ke masa kemunculan dari smartphone. 

Seperti yang di ketahui bahwasanya, Karena dalam pengaktifan smartphone yang memiliki OS Android ini di haruskan untuk memasukkan gmail. Untuk penggunaan email di sini pun sama seperti awal mula munculnya sosmed. Ketika kita lupa email kita, maka yang dilakukan adalah membuat email baru.
Gmail memiliki banyak manfaat bagi penggunanya. 

Berikut manfaat gmail yang harus di ketahui:

Dapat mengakses semua layanan google
Dengan menggunakan akun gmail, kalian dapat mengakses semua layanan yang disediakan oleh Google. Selain itu, layanan google yang dikhususkan untuk smartphone berbasis android juga dapat di akses menggunakan akun gmail, seperti Google Play dan Google Store
Dapat mendaftar rekening Bank Online PayPal dan sejenisnya Akun gmail juga dapat digunakan untuk mendaftar rekening Bank Online Paypal dan rekening bank lainnya yang memanfaatkan system online dan menggunakan akun gmail untuk pendaftaranya.

Dapat membuat blog

Jika kalian memiliki akun gmail, kalian dapat membuat blog sendiri. Hal ini karena untuk membuat blog harus mendaftar menggunakan akun gmail. Sehingga dengan memiliki akun gmail akan lebih mudah untuk kalian yang memiliki hobi menulis untuk membuat blog.
Dapat digunakan untuk mendaftar akun media social
Manfaat yang lainnya yang bisa kalian dapatkan dari menggunakan akun gmail adalah dapat mendaftar akun media social. Jika kalian memiliki akun gmail maka kalian akan dapat mendaftar akun media social seperti Instagram, Twitter, dan juga Facebook. Dengan demikian kalian bisa bermedia social dengan nyaman.
Dapat membuat akun youtube
Untuk dapat membuat akun youtube syarat yang utama adalah kalian harus memiliki akun gmail. Jika kalian tidak memiliki akun gmail kalian tidak bisa membuat akun youtube.
Dapat mendaftar kerja secara online
Akun gmail juga sangat bermanfaat untuk melamar kerja secara online. Dengan mengirimkan surat lamaran via email kalian sudah bisa mendaftar kerja tanpa harus mendatangi lansung tempat tujuan.
Dapat menerima dan berbagi informasi
Kalian juga dapat berbagi dan menerima informasi penting mengguanakan akun gmail. Kesemuanya dapat kalian lakukan tentunya via email/online. Hal ini akan mempermudah pekerjaan kalian.

Melihat fenomena inipun, saya sebagai alumni pesantren Maslakul Huda pun tergerak untuk membagi pemahaman tentang pemanfaatan gmail dengan santri-santri Maslakul Huda Kajen-Pati. Lebih tepatnya dengan pengurus pesantren Maslakul Huda. Dengan harapan kegiatan inipun akan diteruskan dengan santri-santri yang lainnya, sehingga dapat mencakup semua santri dan yang lebih penting adalah santri tahap akhir yang akan meneruskan studynya, baik di bangku perkuliahan ataupun tidak.
Mungkin yang saya bagikan adalah mengakses beberapa fitur-fitur atau layanan dari google. Dimulai dengan penyinkronan akun gmail dengan hp android yang dapat memudahkan aktivitas kita. Seperti menyinkronkan kontak , penyinkronan foto, dan lain-lainnya. Dengan penyinkronan ini kita akan di mudahkan mengakses data-data yang kita miliki di hp kita hanya dengan membuka email di laptop maupun di Komputer, sehingga dapat memudahkan kita. Apabila dulu kita harus memiliki perangkat tambahan untuk memindahkan file dari hp menuju computer kita, sekarang hanya dengan akses internet kita tidak memerlukan perangkat tambahan lagi.
Kemudian memanfaatkan google drive sebagai media penyimpanan file kita. Pada google drive ini saya hanya menerangkan tentang pembuatan google dokumen, google sheet, google slide dan google form . Mulai dari cara mengoperasikan ke empat layanan tersebut dan pembagian link file yang sudah banyak digunakan oleh mayoritas orang. Sebelum mereka kita perkenalkan dengan fitur ini mungkin mereka sudah mengenal dengan fitur-fitur ini, tetapi belum faham akan cara pengoperasiannya.
Dan yang terakhir saya memperkenalkan fitur Find My Device. Kegunaan fitur ini adalah untuk melacak keberadaan smartphone kita. Apabila kita kehilangan smartphone kita maka kita dapat melacaknya dengan fitur ini. Untuk pengoperasiannya pun sangatlah mudah. Cukup dengan mengetikan Find My Device pada mesin pencarian kita, kemudian memasukan email yang sudah terpasang pada smartphone kita, maka kita dapat menemukan lokasinya. Dalam fitur ini pun terdapat 3 pilihan, antara lain ringing my phone, lock my device, dan erase device. Untuk ringing my phone ini adalah fitur untuk mengaktifkan nada dering pada smartphone kita, meskipun smartphone kita setting dalam mode silent atau hening, smartphone kita akan tetap berdering, sehigga kita dapoat mengetahui lokasi handphone kita dengan nada dering. Kemudian pilihan Lock My Device. Pilihan ini akan membuat akun google pada smartphone kita akan terkunci, sehingga dapat mengamankan data-data dalam smartphone kita. Dan yang terakhir adalah pilihan Erase Device, pilihan ini akan menghapus akun google kita yang sudah terpasang dalam hp kita, Ketika kita mengaktifkan pilihan ini maka semua data-data yang tersimpan di smartphone, yang sinkron dengan gmail kita, otomatis akan terhapus. Sehingga tidak aka nada kebocoran data dari smartphone kita.
Mungkin yang saya bagikan dengan rekan-rekan santri hanyalah bagian-bagian dasar dari pemanfaatan google mail, saya harap dengan hal itu para rekan-rekan santripun dapat mengakses, atau mengekspor kegunaan google service ini lebih mendalam sehingga dapat mengembangkan apa yang sudah mereka dapatkan.

About redaksi

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.