Aambon

Pelatihan EML Kepada Mahasiswa Stikes Pasapua di Mako Lantamal

.


LintasPati.com, Ambon - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal IX) Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., M.Tr. Opsla melalui tim Evakuasi Medis Laut Lantamal IX memberikan pelatihan Evakuasi Medis Laut (EML) kepada 160 mahasiswa prodi S1 Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Pasapua Ambon bertempat di Mako Lantamal IX, Desa Halong, Sabtu (11/02/2023). 

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam rangka meningkatkan skill tenaga kesehatan dan sebagai bentuk mengaplikasikan dari visi misi stikes pasapua ambon "mencetak tenaga kesehatan yang berwawasan gugus pulau".

Kegiatan diawali dengan pengenalan Chamber Hiperbarik Oksigen (HBO) di Rumkital F.X.Suhardjo Lantamal IX kemudian mahasiswa bergeser menuju dermaga beaching Lantamal IX Ambon untuk mendapatkan pengenalan tentang materi Evakuasi Medis Laut. 

adapun materi yang diajarkan pada kesempatan ini adalah pertolongan korban tenggelam perorangan, pertolongan korban tenggelam secara tim, pengelolaan korban di PK, teknik mengapung (UITEMATE) dan resusitasi jantung paru. 

Pada kesempatan tersebut Danlantamal IX juga memberikan penekanan terhadap para mahasiswa peserta latihan melalui Katim EML Kapten Laut (K) Agus Wijaya untuk selalu mengutamakan keselamatan dan keamanan pada kegiatan latihan Evakuasi Medis Laut tersebut.

“Diharapkan pelatihan yang diberikan oleh Tim Evakuasi Medis Laut Lantamal IX Ambon dapat menjadi bekal yang nantinya apabila diperlukan pertolongan korban tenggelam dan mahasiswa memiliki keahlian di bidang kesehatan bahari,” ujarnya. 

Kemudian dapat diaktualisasikan untuk melahirkan tenaga kesehatan berwawasan bahari yang mampu menerapkan prinsip-prinsip keselamatan dan penyelamatan di laut. (Lantamal IX/Ambon)

About m@s

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.