Tips Belajar Anak Di Rumah Bikin Asyik dan Seru

LintasPati.com -

Pendidikan adalah suatu proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan dan kebiasaan sekumpulan manusia yang di wariskan dari satu generasi ke generasi selanjutnya melalui pengajaran, pelatihan, dan penelitian. Pendidikan juga merupakan suatu usaha sadar yang dilakukan secara sistematis dalam mewujudkan suasana belajar mengajar agar para peserta didik dapat mengembangkan potensi dirinya. Dengan adanya pendidikan maka seseorang dapat memiliki kecerdasaan, akhlak mulia yang sholi akrom, kepribadian, kekuatan spiritual, dan keterampilan yang bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakat.


Selain itu, pendidikan juga merupakan usaha yang secara sengaja dari orangtua yang selalu diartikan mampu menimbulkan tanggungjawab moral dari segala perbuatannya. Hal tersebut, orangtua merupakan orang yang mempunyai kewajiban untuk mendidik seperti guru. Maka, pendidikan akan memberikan dampak positif bagi para generasi muda dan juga pendidikan akan menyiapkan generasi yang berakhlak karimah dan sholih akrom dan bermanfaat bagi Negaranya. Maka dari itu para pendidik harus membutuhkan keuletan, kesabaran, dan keikhlasan dalam mengajarnya. Menurut Stone dan Shetzer, bimbingan adalah suatu proses untuk menolong individu agar memahami diri mereka dan dunia mereka. Oleh karena itu, orangtua perlu memperlakukan anak dengan baik sehingga anak memiliki kepercayaan diri agar potensi anak dapat berkembang secara optimal.

Saat ini sekolahan diahlikan belajar di rumah saja, pembelajaran jarak jauh atau sering disebut Belajar Dalam Jaringan (Daring). Pembelajaran jarak jauh yang dilakukan secara online membuat banyak sekali perubahan, baik dari segi metode pembelajaran maupun dari segi penilaian. Hal itu juga tentunya memiliki banyak kendala yang dialami oleh guru maupun siswanya. Selama menjalani proses pembelajaran jarak jauh, banyak para siswa yang mengalami kesulitan ketika melakukan pembelajaran secara online. Di antaranya yaitu akses internet yang kurang mendukung dan memadai, pemahaman materi yang kurang maksimal, dan melawan rasa malas yang semakin meningkat. Berdasarkan hasil data yang diperoleh bahwa memang ternyata kendala-kendala yang dihadapi orangtua ketika mendidik anak pada masa pandemi adalah di pengaruhi oleh faktor-faktor internal dan eksternal yang disampaikan oleh Helmawati.


Disini saya akan bagi tips belajar di rumah itu asyik dan seru, yaitu sabagai berikut;

Mari kita simak...

  1. Biasakan anak bangun pagi dan menghirup udara yang segar

  2. Ajak anak senam atau jalan-jalan pagi disekitar halaman rumah

  3. Melihat hijau-hijauan alam

  4. Membersihkan diri dengan baik

  5. berpakaian yang sopan dan rapi

  6. Sarapan yang bergizi

  7. Membangun kedekatan orangtua

  8. Orangtua memahami karakter anak

  9. Anak terhindarkan dari ganghjed hanphone saat tidak daring

  10. Sediakan tempat yang nyaman untuk belajar

  11. Sediakan alat-alat yang digunakan untuk belajar

  12. Pastikan koneksi internet baik dan mendukung untuk belajar

  13. Jauhkan benda yang membuat kurang fokus

  14. Selinggi belajar anak dengan bermain

  15. Selalu berdo’a setiap melakukan aktifitas dan sesudah beraktifitas

Maka hal tersebut orangtua adalah tempat pendidikan pertama kali bagi anak-anaknya, karena orangtualah yang mulanya menerima pendidikan. Orangtua itu juga orang yang harus dihormati dahulu, karena orangtua sudah melahirkan kita yaitu ibu dan ayah juga sebagai pengasuh dan membimbing kita dengan baik yang berakhlak karimah dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut Orang tua (ibu dan ayah) sebagai peranan yang penting dan sangat berpengaruh dalam pendidikan bagi anak-anaknya. Disamping itu juga, orang tua (ibu dan ayah) memiliki kewajiban, mengarahkan dan memperhatikan keluarganya dalam mencari ilmu.


Rosyidah Muntaha

Mahasiswa Program Studi Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Pesantren Mathali'ul Falah (PGMI)

E-mail: rosyidahmuntaha998@gmail.com



D:\Download\WhatsApp Image 2021-09-15 at 00.13.32.jpeg D:\Download\WhatsApp Image 2021-09-15 at 00.12.51.jpeg D:\Download\WhatsApp Image 2021-09-15 at 00.12.17.jpeg D:\Download\WhatsApp Image 2021-09-15 at 00.11.19 (2).jpeg


About redaksi

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.