PENTINGNYA MENJAGA PROTOKOL KESEHATAN DI ERA NEW NORMAL

LintasPati.com -



Oleh: Afidatus Sholikhah
Mahasiswa IPMAFA

Di indonesia covid-19 penyebarannya sangat cepat, hal ini  yang menyebabkan pemerintah indonesia melakukan upaya kebijakan dalam penanganan covid-19 ini.dalam menangani covid-19 ini tidak lah mudah. Berbagai upaya dilakukan terus demi memutus penyebarannya, seperti membuat pedoman protokol kesehatan dalam menghadapi covid-19 untuk masyarakat indonesia.Protokol kesehatan merupakan ketentuan yang harus di ikuti oleh masyarakat indonesia dari bebrbagai pihak supaya tidak membahayakan keamanan orang lain. Protokol kesehatan apabila di ikuti akan memanilisir penyeberan covid-19 di indonesia.

Beberapa  kebijakan yang dapat  dilakukan  pemerintah terkait dengan penanganan kasus covid-19 diantaranya: mengurangi kegiatan diluar rumah, Social Distancing, wajib menggunakan Masker,meningkatkan kebiasaan mencuci tangan, Bekerja dan Belajar dari rumah, menjauhi kerumunan, PSBB. untuk Memasuki era new normal pada pandemi Meningkatkan masa modifikasi pola hidup dan imunitas yang ada di masyarakat. Masyarakat bisa kembali beraktivitas seperti sebelum adanya pandemi,  dengan syarat tetap disiplin menggunakan protokol kesehatan dan imunitas yang dimiliki masing-masing masyaraka harus baik. 
Protokol kesehatan di kenal dengan 5 M yaitu:

1. Mencuci tangan 
Mencuci tangan merupakan salah satu protokol kesehatan  yang dapat mencegah penularan covid-19. Mencuci tangan di anjurkan menggunakan air yang mengalir dan sabun cair di sarankan setidaknya selama 20 menit. Selain menggunakan air sabun dan air mengalir  dapat juga menggunakan hand sanitaizer alami ataupun tidak.

2. Memakai masker 
Memakai masker ini dapat di pakai selama di rumah dan di luar rumah. Kapan saja dan di mana saja masker harus di pakai. Masker yang dipakai dapat berupa masker medis ataupun masker kain, untuk kita yang memiliki gejala terinfeksi di haruskan menggunnakan masker medis dengan sekali pakai.
3. Menjaga jarak
Untuk dapat menghindari terjadinya penularan virus covid-19, kita harus menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain. Kita juga di larang untuk berkuumpul dan bekeruumun. Untuk memanimalisir kontak dengan seseama.
4. Menjauhi Kerumunan
menjauhi kerumunan merupakan protokol kesehatan yang harus dilakukan. Menurut Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes), masyarakat diminta untuk menepi dari kerumunan ketika berada di luar rumah. untuk di Ingat, semakin  sering masyarakat keluar rumah untuk berjumpa orang, maka kemungkinan terpapar covid-19 pun semakin banyak. Untuk itu jauhi keramaian untuk terhidar dari covid-19.
5. Mengurangi Mobilitas
Covid-19  bisa berada di mana dan kapan saja. semakin banyak masyarakat keluar rumah untui menghabiskan waktunya, maka semakin banyak pula masyarakat terpapar covid-19 . Oleh karena itu, apabila tidak ada kebutuhan yang mendesak, tetaplah untuk berada di rumah.
Masyarakat dapat kembali beraktivitas seperti semula dengan syarat harus mengutamakan protokol kesehatan dan  kondisi kesehataan yang baik, yang dimiliki masyarakat. Dengan adanya Covid-19 kebiasaan Perilaku masyarakat sehari-hari baik di rumah, sekolah, jalan, dan dimanapun menjadi berubah. Dalam menjaga protokol kesehatan ini masyarakat di haruskan sadar akan bahayanya covid-19, dengan itu masyarakat akan tahu pentingnya menjaga protokol kesehatan dengan menerapkan 5 M seperti mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.  

Pemerintah tidak ada henti-hentinya untuk selalu mengingatkan masyarakat akan Pentingnya untuk menjaga protokol kesehatan, dimulai dengan menanamkan kesadaran di dalam diri sendiri akan pentingnya mematuhi setiap anjuran yang pemerintah berikan.   saat   apalagi di era new normal atau pola hidup baru seperti sekarang. Semoga masyarakat indonesia segera sadar akan pentingnya dalam menjaga protokol kesehatan dengan menerapkan 5 M  dan semoga covid-19  akan segara berakhir sehingga kita dapat hidup normal seperti sedia kala.

About redaksi

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.