MENINGKATKAN POTENSI PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI

MENINGKATKAN POTENSI PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI

Belum lama setelah kita memulai tahun 2021 sampai saat ini, semua negara di dunia sedang menghadapi kasus pandemi Covid-19. Semua aktifitas dibatasi untuk mencegah penyebaran virus corona, termasuk aktifitas pendidikan. 
Di Indonesia sudah kurang lebih 2 tahun semua aktifitas pendidikan dilakukan secara PPJ atau pembelajaran jarak jauh tanpa melakukan tatap muka tetapi melalui platfrom yang telah tersedia. Sistem pendidikan tersebut biasa disebut Durring Education.
Pembelajaran daring, serta merta menyadarkan kita akan potensi luar biasa internet yang belum sepenuhnya dimanfaatkan dalam berbagai bidang, termasuk dalam bidang pendidikan. Melihat hal tersebut sudah seharusnya kita bisa menggunakan media teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan potensi pendidikan di masa pandemi tanpa batas ruang dan waktu, kapanpun dan dimanapun. Karena perlu kita ketahui bahwa setiap orang memiliki potensi atau kemampuan masing-masing untuk kehidupan di masa sekarang ataupun masa mendatang. Dalam hal pendidikan kita bisa meningkatkan potensi per-individu dengan mengikuti ajang kompetisi online yang diadakan oleh berbagai pihak. Kita juga bisa mengikuti seminar atau kegiatan online, atau bahkan bergabung menjadi penyelenggara seminar atau kajian online tersebut. Kita juga bisa menguptade informasi dari berbagai situs di media sosial guna mengkaji kembali atau meneliti ulang tentang adanya hoax atau tidak, yang harus kita imbangi dengan sumber informasi akurat dari digital book atau buku-buku yang ada di perpustakaan untuk memperdalam ilmu pengetahuan agar kita dapat mengimbangi perkembangan  zaman yang tak ada henti-hentinya. 
Disisi lain, media sosial juga dapat kita manfaatkan untuk mencari ide atau bahan kreatifitas suatu karya untuk pengembangan kemampuan yang ada pada diri kita, untuk meningkatkan SDM di Indonesia dan untuk mencapai Aktualisasi diri, dengan syarat setiap individu harus punya target pencapaian dan tidak merasa puas dengan kemampuannya sekarang. Tetapi, ada juga permasalahan yang dapat mengganggu proses pembelajaran daring yaitu seorang siswa memiliki minat belajar yang kurang ketika menjalankan pembelajaran daring, padahal minat belajar merupakan hal yang terpenting dalam proses belajar. Minat belajar memiliki peran untuk menumbuhkan rasa senang dan semangat belajar. Jika minat belajar siswa kurang maka siswa menjadi kurang aktif dalam penyampaian pendapat dan pemikirannya, sehingga menyebabkan proses belajar membosankan.  
Melihat banyaknya pro dan kontra mengenai masalah Durring Education di era pandemi, kita harus  bisa memanfaatkan kesempatan dengan baik dengan membuka bimbel new normal ber-Prokes untuk para pelajar di sekitar rumah kita secara tatap muka. Dengan begitu para pelajar yang kurang paham tentang materi daring dapat paham dengan ulasan materi bimbel tatap muka tersebut. Apalagi jika di daerah terpencil yang tidak dapat menjangkau sinyal, kegiatan bimbel tersebut dapat membantu mereka yang sedang kesusahan dalam belajar.
Beragam potensi dapat kita kembangkan sesuai dengan jalur masing-masing potensi. Sebagai mahasiswa kita juga dapat membantu mengembangkan potensi generasi Indonesia dengan membentuk sebuah organisasi antar mahasiswa untuk menyediakan fasilitas, sarana dan prasarana bagi orang-orang yang membutuhkan. Dengan begitu masalah ketimpangan SDM di Indonesia juga dapat terminimalisir.
Mungkin masih perlu banyak lagi hal yang harus kita ulas tentang cara meningkatkan potensi di era pandemi terlebih dalam bidang pendidikan, namun dapat menjadi kurang efisien jika membahasnya terlalu banyak. Yang terpenting kita harus mulai meningkatkan potensi dari kita sendiri dan tak lupa mengajak orang lain untuk tetap bersemangat meningkatkan potensi yang dimilikinya. Tetap semangat para generasi sukses!!!!!

Oleh : Anita Firdaus
Kkn Mdr Sparta Ipmafa

About redaksi

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.