MANFAAT GAS LPG BAGI MASYARAKAT

Oleh: Siti Maesaroh (PIAUD)


Minyak dan gas bumi merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui jika terus menerus digunakan secara alami akan habis. Sumber daya ini hanya digunakan untuk sarana transportasi. Sarana transportasi merupakan pengguna energi terbesar minyak dan gas bumi. Pengguna kendaraan bermotor di Indonesia masih bergantung pada bahan bakar minyak sebagai bahan bakar utama. Pemerintah masih memberikan subsidi untuk harga bahan bakar minyah dan selalu terjadi harga bahan bakar minyak dan selalu terjadi gejolak sosial berupa demintrasi dari para pengguna kendaraan bermotor jika terdapat kenaikan harga BBM. Untuk menanggulangi hal tersebut perlu adanya keterbaruan bahan bakar alternatif untuk kendaraan bermotor, yaitu LPG. LPG dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk mengurangi penggunaan bahan bakar minyak pada kendaraan dengan begitu mesin kendaraan akan lebih awet dalam penggunanya serta memberikan pasokan energi bagi sarana transportasi untuk kebutuhan masyarakat dengan jangka waktu yang relatif lama.

      LPG adalah bahan bakar yang umum di beberapa sektor seperti rumah tangga, industri dan transportasi. LPG merupakan campuran dari beberapa bariabel, yang utama adalah propana, butana, atau kombinasi dari keduanya . Bila disimpan dalam bentuk cair, akan memiliki kepadatan energi yang sebanding dengan bahan bakar hidrokarbon cair yang lain dan memiliki keunggulan dibandingkan dengan gas alam. Pembakaran LPH menghasilkan emosi dan efek rumah kaca yang rendah. Propona merupakan jenis bahan yang digunakan untuk mesin pembakaran internal setelah bensin dan diesel. LGV diketahui sebagai bahan bakar yang ramah lingkungan, menghasilkan emisi gas buang yang rendah, bebas sulfur dan tmbal, nilai angka oktan sangat tinggi lebih dari 98, dapat memperpanjang umur mesin, harga gas yang stabil dan tidak terpengaruh oleh harga gas internasional. LPG disimpan di dalam tangki silinder dengan tekanan760-1030  Kpa yang terbuat dari baja karbon. Tangki silinder LPG dapat diletakkan dibagasi mobil, tempat ban serep atau dibawah kendaraan. Tangki dan instalasi LPG mempunyan beberapa ukuran dan bentuknya ada dua yaitu silinder dan toroidal . LPJ dapat digunakan ke dalam mesin yang rancang untuk bahan bakar premium, akan tetapi membutuhkan peralatan tambahan seperti instalasi konbenter kit. Konventer kid merupakan suatu peralata yang digunakan untuk mengkonversi bahan bakar.

      LPG merupakan salah satu bahan bakar lain atau bahan bakar yang merupakan diversifikasi energi, sesuai dengan amanat Undang-Undang Energi No. 30 Tahun 2007. Program pengalihan minyak tanah ke LPG ini merupakan program yang membuat ibu-ibu dan bapak lebih hemat, lebih aman, lebih bersih dan juga membantu lingkungan kita supaya tidak terkotori. Gas LPG menjadi barang wajib bagi  masyarakat, saat ini sudah banyak orang yang memilih memasak dengan menggunakan gas LPG dari pada dengan minyak tanah. 

      Saat ini, sudah semakin banyak orang yang memilih memasak dengan menggunakan gas LPG dari pada dengan minyak tanah. Hal ini gas LPG memang memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan minyak tanah. Memasak dengan menggunakan gas LPG akan lebih irit dan hemat. Selain itu memasak akan menjadi lebih cepat karena gas LPG memiliki nilai panas yang lebih tinggi, dan besar kecilnya api juga bisa diatur dengan mudah. Memasak dengan gas LPG juga akan membuat dapur lebih bersih sehingga ketika memasak, tidak akan menyisakan jelaga yang mengotori peralatan memasak atau dinding dapur. Memasak dengan menggunakan gas LPG tidak akan meninggalkan bau pada masakan. Hasil masakan akan lebih mengguyah selera dengan aroma yang lezat. Selain itu LPG lebih praktis sehingga kita tidak perlu bolak-balik ganti dan memasang tabung gas saat memasak.



DAFTAR PUSTAKA

Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta, 8 November 2016

Hermansyah, H., & kumiaty,I. 2013. Analisis pemanfatan LPJ dan CNG sebagai bahan bakar Kendaraan Bermotor di wilayah jawa barat, Universitas Indonesi.

Indarto, 2022. Pemakai Bahan Bakar Gas Menjadi Alternatif bagi kendaraan Bermitor Nerbahan Bakar Premium. Gema Teknologi.


About redaksi

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.