Kelebihan Dan Kekurangan Kebijakan PPKM Dalam Masyarakat



Sebagus apa pun peraturan dan kebijakan, ia akan percuma jika tak dilaksanakan dengan seluruh daya dan upaya. Terlebih jika pada peraturan dan kebijakan yang dibuat itu banyak celah dan kelemahan dalam mengatasi sebuah persoalan serta dilaksanakan asal-asalan.

apa itu PPKM Darurat. PPKM merupakan kependekan dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang digunakan pemerintah sebagai salah satu cara untuk mengendalikan laju penularan COVID-19. Saat ini, pemerintah memberlakukan PPKM Darurat dengan Inmendagri nomor 15 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Kebijakan terkini yang seakan percuma ialah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di sejumlah daerah di Jawa dan Bali. Kebijakan ini diterapkan mulai 11 Januari hingga 25 Januari, kemudian diperpanjang sampai Sekarang. Perpanjangan dilakukan lantaran dampak yang diharapkan jauh dari kenyataan.

Banyak yang merasakan dampak dari kebijakan PPKM, dari segi perekonomian yang paling utama. Karena PPKM ini dapat membatasi ruang untuk melakukan hal sesuatu yang menimbulkan kerumunan.

"Sejak PPKM darurat ini saya tidak bekerja dan hanya mengandalkan Uang dari bansos, itu hanya kalau saya dapat setiap bulannya. Tapi kenyataannya tidak hanya setiap 3 bula sekali mendapatkan bansos itu." Ucap Bapak Tarno.

PPKM darurat ini memang berdampak besar bagi masyarakat. "PPKM ini membuat warung saya sepi dari pada biasanya, biasanya keuntungannya bisa dibuat tabungan. Tapi sekarang pendapatan nya hanya bisa untuk makan sehari-hari dan membelanjakan keperluan warung." Ibu Hasanah. 




Referensi:

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5641431/apa-itu-ppkm-darurat-simak-penjelasan-dan-aturan-lengkapnya-di-sini


About redaksi

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.