Edukasi Pola Hidup Sehat Di Masa Pandemi



Pola hidup sehat merupakan pola atau gaya hidup yang memperhatikan segala aspek kondisi kesehatan. Baik dari segi makanan, minuman, nutrisi yang kita konsumsi dan perilaku kita sehari-hari. Itu semua bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti rutinitas berolahraga yang tentu akan menjaga kondisi kesehatan dan juga akan menghindarkan diri dari berbagai macam penyakit. Lebih-lebih kesehatan adalah dambaan kita semua.
Pola hidup sehat juga sebuah komitmen jangka panjang yang bertujuan untuk menjaga dan melakukan beberapa hal agar mampu mendukung fungsi tubuh sehingga memberikan dampak yang positif bagi tubuh itu sendiri. Menerapkan pola hidup sehat menjadi hal yang sangat penting terutama di masa pandemi seperti ini. Menjaga kesehatan dan imunitas tubuh menjadi hal yang utama dan paling utama untuk terhindar dari virus Covid-19.
Covid-19 atau sering disebut Virus Corona merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada manusia, biasanya menyebabkan gangguan pernapasan mulai dari flu biasa sampai dengan penyakit serius hingga menyebabkan kematian. Semua orang tentunya tidak ingin terjangkit virus ini, akan tetapi pada kenyataannya banyak yang terpapar covid-19. Sudah seharusnya orang-orang untuk bisa memulai membiasakan pola hidup sehat di tengah pandemi seperti ini.
Dalam penelitian yang dilakukan oleh Indra Himayatul Asri, Yuniar Lestarini, Muhammad Husni, Zalia Muspita dan Yul Alfian Hadi yang berjudul “Edukasi Pola Hidup Sehat Di Masa Covid-19” menyebutkan bahwa menjaga kesehatan serta membiasakan pola hidup sehat dapat dilakukan ditatanan kehidupan fase new normal seperti sekarang ini. Namun, diberbagai daerah terutama pedesaan yang jauh terbilang dari perkotaan masih mengabaikan bagaimana berperilaku pola hidup sehat di masa pandemi. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pemahaman masyarakat tentang Covid-19, baik dari gejala yang ditimbulkan maupun dampak yang akan terjadi. Untuk itu, diperlukan suatu upaya khusus demi meningkatkan pemahaman masyarakat tentang covid-19.
Edukasi menjadi jalan satu-satunya yang dianggap lebih efektif untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat. Meskipun sebagian masyarakat ada yang mengabikan akan pentingnya pemberian edukasi ini, tapi setidaknya dengan mengedukasi pola hidup sehat dapat meningkatkan pemahaman masyarakat untuk lebih produktif dalam menjaga kesehatan. Berbagai edukasi bisa diberikan kepada masyarakat seperti edukasi dalam melaksanakan protokol kesehatan 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas. Penyampaian edukasi bisa berupa tata cara mencuci tangan dan memakai masker yang baik dan benar. Dengan demikian, karena adanya kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan 5M sangat membantu dalam pencegahan penyebaran Covid-19.
Selain edukasi tentang prokes 5M, hal lain yang bisa dilakukan adalah memberikan berbagai edukasi tentang betapa pentingnya menjaga pola hidup sehat dan bagaimana cara berfikir positif. Kita sering mendengar bahwa orang yang memiliki gaya hidup sehat pasti mempunyai badan yang sehat bugar dan fit. Contoh nyata dalam kehidupan yang kita alami saat ini adalah rata-rata orang terdahulu yang masih hidup sampai sekarang, kebanyakan dari mereka masih segar bugar dan sehat meskipun banyak sekali melakukan aktivitas. Hal tersebut karena orang-orang terdahulu sering mengkonsumsi makanan yang masih alami, segar dan tanpa bahan pengawet. 
Pola hidup sehat tidak hanya tentang fisik tetapi juga dengan kebutuhan mental yaitu dengan berpikir positif. Memiliki banyak tekanan dan berfikir negatif akan membuat pikiran kita menjadi stress. Oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk berpikiran positif. Berpikir positif dapat membuat hati kita menjadi tenang, tentram, bahagia dan semangat pastinya. Selain itu juga dapat mengalahkan berbagai penyakit yang masuk ke dalam tubuh termasuk saat kita sedang mengalami suatu tekanan, baik itu lahir maupun batin. Maka dengan berfikir positif kesehatan mental kita akan menjadi jauh lebih baik lagi. 
Dengan pola hidup sehat kita dapat menciptakan harapan untuk hidup lebih lama. Manfaat lain yang kita dapatkan adalah meningkatkan imun tubuh. Imun tubuh dapat mencegah berbagai macam penyakit yang masuk ke dalam tubuh, termasuk virus Covid-19.  Selain itu, pola hidup sehat juga dapat membuat tubuh kita menjadi lebih semangat dalam menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari. Disinilah pentingnya pemberian edukasi tentang pola hidup sehat di masa pandemi. Tidak sedikit orang menunggu waktu yang tepat untuk menerapkan pola hidup sehat. Padahal sebenarnya waktu yang paling tepat adalah sesegera mungkin dan selama mungkin. Gaya hidup sehat seharusnya dilakukan secara terus-menerus dan tidak berjeda agar hidup senantiasa lebih baik. 
Menerapkan pola hidup sehat dan bersih sudah seharusnya diterapkan oleh semua orang. Gerakan ini merupakan wujud perilaku yang baik karena merupakan langkah awal yang tepat dalam penanggulangan berbagai penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Jika bukan dari diri kita sendiri siapa lagi. Makan dari itu mulailah dari sekarang menerapkan pola hidup sehat agar hidup lebih sehat, semangat, berkah dan terhindar dari berbagai penyakit. 

Sumber:
Jurnal “Edukasi Pola Hidup Sehat Di Masa Covid-19” Oleh Indra Himayatul Asri, Yuniar Lestarini, Muhammad Husni, Zalia Muspita, Yul Alfian Hadi. Jurnal Abdi Pupulika Vol.2 No.1, Januari 2021. Hal 56-63.

About redaksi

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.