bunga telang

Budidaya Bunga Telang yang Kaya Manfaat di Masa Pandemi

Budidaya Bunga Telang yang Kaya Manfaat di Masa Pandemi
Adanya wabah pandemic Covid 19 menyebabkan perubahan yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Semua aktivitas yang biasa dilakukan secara rutin setiap hari kini menjadi berubah drastis harus mengikuti anjuran pemerintah sebagai upaya pemutusan rantai penyebaran Covid 19 yang semakin meningkat. Himbauan kepada masyarakat untuk mengurangi mobilitas dengan “Di rumah saja” dan pembatasan aktivitas di luar, membuat sebagian besar masyarakat merasakan  kejenuhan selama pandemic ini.
Dalam kondisi seperti saat inilah dibutuhkan kegiatan baru yang bisa meminimalisir kejenuhan masyarakat selama berada di rumah dengan tetap mematuhi protocol kesehatan. Bercocok tanam adalah salah satu alternative kegiatan yang dapat mengatasi kejenuhan. Selain dapat mengatasi kejenuhan di masa pandemic, bercocok tanam juga bisa sebagai sarana untuk menyalurkan hobi dan membuat rumah maupun pakarangannya menjadi lebih asri dan hijau. 
Hal ini juga yang terjadi di desa Kajar, khususnya wilayah Rt.3 Rw.1. Berbagai macam tanaman hias dan tanaman herbal menjadi pilihan sebagian besar warga masyarakat Rt.3 Rw.1 untuk mengisi waktu luang dan kejenuhan mereka. Salah satu jenis tanaman hias sekaligus tanaman herbal yang dapat dipilih adalah Bunga Telang ( Butterfly Pea Flower )  merupakan jenis tanaman yang merambat dengan bunga berwarna putih ungu yang indah menarik perhatian. Di tengah keberadaannya yang tidak banyak orang tahu, ternyata cara menanam dan merawat Bunga Telang cukuplah mudah dan tentunya juga kaya manfaat untuk kesehatan tubuh kita.
Sebagaimana yang diungkapkan oleh penggagas budidaya Bunga Telang di Kajar oleh Ariska Nugraheni,SP (Lulusan Institut Pertanian Bogor bid. Proteksi Tanaman tahun 2018),  Bunga Telang cukup kaya manfaatnya bagi kesehatan tubuh, diantaranya mampu meningkatkan kekebalan/imun tubuh yang sangat cocok dikonsumsi di masa pandemic seperti sekarang ini, menurunkan hipertensi/ tekanan darah tinggi, relaksasi mengurangi stress dan kecemasan, sumber antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas, mengontrol kadar gula darah, memperlancar metabolisme tubuh,menjaga kesehatan kulit dan keindahan rambut, dan bersifat antiinflamasi/ mengurangi peradangan.
Pengolahan bunga Telang sangat beragam, mulai dari pewarna alami hingga menjadi minuman. Salah satunya yaitu produk Teh Bunga Telang yang sudah mulai dikenal oleh sebagian masyarakat. Pengolahan Bunga Telang menjadi teh ini cukup mudah, bisa dengan Bunga Telang yang masih segar juga bisa dengan Bunga Telang yang telah dikeringkan terlebih dahulu, hanya cukup diseduh dengan air panas diberi campuran madu/ gula atau bisa juga dikombinasikan dengan buah-buahan ( seperti: lemon, leci, jeruk) Teh Bunga Telang bisa langsung disajikan atau bisa juga diberi es  agar lebih nikmat dan segar.
 Untuk itu, dalam kegiatan observasi KKN Ipmafa 2021 ini saya menggunakan judul Pengolahan dan Pemanfaatan Bunga Telang menjadi Teh Bunga Telang yang Bermanfaat untuk Kesehatan tubuh. Kegiatan yang saya lakukan adalah memberikan edukasi budidaya tanaman Bunga Telang, pengolahannya dan pemanfaatnya bagi kesehatan kepada warga sekitar di Rt.3 Rw.1 desa Kajar 
Semoga dengan adanya kegiatan ini, tanaman Bunga Telang semakin dikenal oleh masyarakat luas dan tidak hanya dianggap sebagai tanaman liar lagi. Selain itu, edukasi tentang budidaya, pengolahan dan pemanfaatan bunga Telang menjadi Teh Bunga Telang yang telah diberikan pada masyarakat setempat  bisa menjadikan ladang bisnis di kemudian hari atau memulihkan perekonomian masyarakat yang terdampak pandemic Covid 19 ini  dengan mengeluarkan produk minuman Teh Bunga Telang.

Oleh : Siti Nurhayati
KKN Mdr Sparta Ipmafa 2021

About redaksi

2 komentar:

  1. Terimakasih...untuk artikelnya.
    Sangat bermanfaat sekali. Tetapi mungkin bisa diperjelas bagaimana cara detailnya membuat teh dari bunga Telang kakak.mksh

    BalasHapus
  2. Okey, terimakasih atas masukannya kakak. Ditunggu aja artikel selanjutnya ya..

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.