ekonomi

Dihadapan Kemenkeu RI, Ini Harapan Bupati Pati

Dihadapan Kemenkeu RI, Ini Harapan Bupati Pati
Dihadapan Kemenkeu RI, Ini Harapan Bupati Pati
LintasPati.com - Kota, Bertempat di Pabrik PT Dua Putra Utama Makmur Pati telah dilaksanakan kegiatan kunjungan kerja Kementerian Keuangan RI dalam rangka temu masyarakat nelayan dan pelaku UKME (Usaha Kecil Menengah Ekspor) yang diikuti sekitar 250 orang. Minggu, 29 oktober 2017 pukul 11.00 s.d 13.45

Bupati Pati dalam sambutannya mengatakan, "Dengan adanya usaha di bidang nelayan dan perikanan di kabupaten Pati mengurangi pengangguran dan menambah tenaga kerja.  Kita pemerintah daerah sudah mulai proses untuk pembuatan penambatan kapal untuk akses jalan. Pertumbuhan ekonomi di Pati mencapai 5,9 persen dan kemiskinan di Pati sampai dengan sekarang mencapai 11,45 persen saya harap kedepan turun hingga 9 persen. Mudah mudahan ada kebijakan dari Pemerintah pusat untuk pelaku perikanan bisa tertata dengab baik".

"Disamping perikanan laut, kita mempunyai perikanan darat seperti tambak, yang harus diselesaikan secara komperensif yaitu pelayanan perijinan, khususnya para pemilik kapal sudah berkali kali sampaikan agar disederhanakan akan tetapi sampai sekarang masih mengacu terhadal UU yang lama, sampai sekarang di perkapalan ijin masih 27, jadi harus ada reformasi tentang perijinan kapal", imbuh Haryanto.

Sedangkan Isa Rachmatarwata menambahkan, "Berdasarkan koprasi dan UKM penyerapan tenaga kerja 97 persen dikerkjakan oleh UKM. UKME bergerak disektor pertanian peternakan dan perikanan, berdasarkan tahun 2016 indonesia pengekspor ikan no 12 di dunia. PT. Dua Putra adalah pelaku ekspor yang berkontribusi perikanan nasional. Peran UKM diiringi tantangan yang harus dihadapi adalah tantangann internal akses permodalan dan eksternal untuk mengatasi tantangan tersebut pemerintah mendirikan lembaga pembiayaan, pemerintah juga mendirikan lembaga pembiayan ekspor indonesia. Bagian dari satu kesatuan sistem".

"UKM juga perlu dibantu menerapkan standar mutu dan target market meluas. Saya akan mencari jalan diluar tidak hanya APBN untuk mengembangkan usaha perikanan, apresiasi untuk LPII atas sekmen UKM ekspor", pungkas Isa.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Isa Rahmatarwata (Kementerian keuangan RI bagian kekayaan negara ), Arif (Komisi Ekonomi Indonesia ), Bupati Pati Haryanto SH, MM, M.Si, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, Komandan Kodim 0718 Pati, Kapolres Pati, Edy Martanto (Kadinas perikanan dan kelautan), Darto ( PLT Kesbangpol kab pati ), Kepala Satker PSDKP, dan Camat Pati.

Dalam rangka kunjungan kerja di PT DPUM dan peninjauan di TPI II Juwana Pati, bahwa sedianya akan dihadiri oleh Ibu Menteri Keuangan RI Sri Mulyani, namun tidak bisa hadir dikarenakan ada masalah kesehatan dan diwakilkan oleh Bapak Isa Rachmatarwata (kementrian keuangan RI bagian kekayaan negara).

About bang jack

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.