berita pati

Pelajar SMP Antusias Ikuti Wisata Matematika Bela Negara di Makodim 0718 Pati

LintasPati.Com - Kota, Sebanyak 101 pelajar dari SMP Negeri di wilayah Pati Kota mengikuti kegiatan Wisata Matematika Bela Negara di Aula Suluh Bakti Markas Kodim 0718/Pati.Ada nuansa berbeda yang tersaji dalam pelaksanaan pendidikan bela negara kali ini. Ilmu matematika dan bela negara disajikan secara utuh dan terintegrasi. Rabu (13/09/2017).

Kegiatan ini sangat kental dengan suasana mengajar dan mendidik. Kegiatan yang berlangsung selama 1 hari ini semakin menambah semangat puluhan Siswa karena diisi dengan berbagai kegiatan, seperti materi cara berpikir supra rasional untuk bela negara, permainan matematika bela negara, dinamika kelompok, peraturan baris berbaris hingga pengenalan senjata, dan diakhiri dengan foto dengan senjata.

Dari kegiatan tersebut diharapkan dapat menguatkan rasa cinta Tanah Air dan bangsa, memahami secara utuh Pancasila sebagai ideologi negara, membentuk kedisiplinan dan etos belajar, kemandirian, rasa kesetiakawanan sosial, semangat gotong royong.

(Serka) Sunarto selaku pembina mengatakan, "kegiatan ini sangat positif untuk diberikan kepada para Siswa Ini merupakan kesempatan terbaik untuk memberikan semangat kepada para siswa agar lebih meningkatkan wawasan kebangsaan mereka".

“Kita mengetahui bahwa saat ini, bela negara dan matematika merupakan dua hal yang kurang diminati oleh pelajar. Namun, melalui wisata ini diharapkan dapat mengubah paradigma tersebut. Karena didalamnya telah disisipkan permainan matematika bela negara yang akan menambah daya tarik untuk mengenal dan lebih memahami wawasan kebangsaan”, ungkap Sunarto.

Ancaman nyata dinilai sedang menyerang kaum Pelajar, seperti penyalahgunaan obat terlarang, paham radikalisme, pergaulan bebas, serta tawuran pelajar. Oleh karena itu, pengenalan tentang wawasan kebangsaan bela negara sangat penting dikenalkan sekaligus ditumbuhkan di kalangan pelajar.

Tanggapan positif disampaikan guru pendamping SMPN 5 Pati Ibu Mayang mengatakan "pelatihan ini sangat tepat untuk memperkenalkan wawasan kebangsaan. Hal ini terlihat dari sikap antusias dan ditunjukkan peserta".

Rasa kagum dan bangga turut disampaikan salah satu pelajar, .Indira dari SMP N 3 Pati mengatakan "baru kali ini mendapatkan pelatihan bela negara yang menarik. Banyak sekali pengalaman yang saya dapatkan, apalagi didalamnya terdapat permainan matematika hingga pengenalan senjata. semoga kegitaan seperti ini klau bisa tiap tahun bisa dilaksanakan", pungkasnya. 

About LintasPati.Com

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.