budaya

Ribuan Warga Berebut Gunungan Dalam Haul Nyi Ageng Ngerang Tambakromo

Ribuan Warga Berebut Gunungan Dalam Haul Nyi Ageng Ngerang Tambakromo
Ribuan Warga Berebut Gunungan Dalam Haul Nyi Ageng Ngerang Tambakromo
LintasPati.com - Tambakromo, Kamis, 21 September 2017 mulai pukul 13.00 Wib bertempat di Balai Desa Tambakromo telah dilaksanakan Start Pawai/arak2an Luwur dan hasil bumi dalam rangka Peringatan Haul Nyi Ageng Ngerang Dukuh Ngerang Desa Tambakromo.

Acara kirap luwur dan hasil bumi dihadiri antara lain,  Bupati Pati H. Haryanto S.H, M.M, M.Si, Muspika Tambakromo, Kades Tambakromo beserta perangkatnya, Toga, Tomas desa Tambakromo.

Acara Peringatan Haul Nyi Ageng Ngerang yang bertepatan dengan datangnya bulan Syuro dimaknai oleh masyarakat dukuh Ngerang Desa Tambakromo dengan mengisi berbagai macam kegiatan seperti pasar malam yang berlangsung H-7 sebelum datangnya Bulan Syuro. Bahkan setengah bulan sebelum pelaksanaan Peringatan Haul sudah banyak pedangang makanan dan barang lainnya yang telah menggelar dagangannya dipinggir jalan masuk Makam Nyi Ageng Ngerang. Tentunya semakin mendekati tanggal 1 Syuro pengunjung maupun pejiarah semakin banyak dan padat baik pengunjung lokal maupun dari luar daerah.

Selain kegiatan tersebut pada puncaknya Haul Nyi Ageng Ngerang dimeriahkan dengan kirab luwur dan gunungan hasil bumi yang diarak mulai dari Balai Desa Tambakromo menuju ke Makam Nyi Ageng Ngerang.

Bupati Haryanto dalam sambutannya mengatakan, "Kegiatan seperti ini adalah bentuk penghormatan pada luluhur dan pendahulu yang telah berjuang dimasa itu. Yang terpenting adalah kita telah melestarikan budaya dimasyarakat. Terbukti dengan melestarikan budaya seperti ini bisa guyub rukun dan bersatu. Keuntungan lain kegiatan ini bisa memberi manfaat secara moril maupun secara ekonomi. Semoga kegiatan ini bisa diledtarikan sampai anak cucu kita sehingga selalu mendapat karomah dan hidayah dari Allah S.W.T".

Acara Pawai dan arak-arakan juga dimeriahkan berbagai macam pertunjukan Marcing Band dari TK, SD, SMP Tambakromo serta Marching Band yang sangat ditunggu pengunjung, Marching Band Ponpes AL-ANWAR Sarang Rembang.

Sebagai puncak acara serangkaian kegiatan Haul Nyi Ageng Ngerang adalah rebutan gunungan hasil bumi oleh ribuan pengunjung yang menurut keyakinan mereka barang yang diperoleh akan membawa berkah dari Nyi Ageng Ngerang, dilanjutkan buka luwur oleh Mbah Slamet sebagai juru kunci Makam dan mengganti dengan luwur yang baru. Selanjutnya luwur yang lama dilelang kepada pengunjung dan dipercaya membawa berkah dan keselamatan. Sedangkan dipelataran Makam pengunjung menyaksikan atraksi dari Marching Band dari Ponpes AL-ANWAR Sarang Rembang yang memukau penonton.

Menurut keterangan Kades Tambakromo Suyatno, "hasil lelang luwur akan digunakan untuk pembangunan makam dan masjid, sebagian lagi masuk kas desa" Ujar Kades

Acara Peringatan Haul Nyi Ageng Ngerang selesai pukul 16.00 Wib dalam Keadaan tertib dan aman. (td)

About LintasPati.Com

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.