Sambut Hari Juang Kartika Kodim 0707/Wonosobo Ziarah Di Taman Makam Pahlawan

Lintaspati.com, Wonosobo - Dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika TNI AD ke 76, Kodim 0707/Wonosobo melaksanakan ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Wiropati Wonosobo dengan pimpinan ziarah Kasdim Mayor Caj Hanry Handoko. Selasa  (14/12).

Ziarah kali ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Kodim 0707/Wonosobo dalam memperingati Hari Juang Kartika ke-76.

Kegiatan diawali dengan penghormatan disusul hening cipta, peletakan karangan bunga, pembacaan do'a dilanjutkan dengan tabur bunga di makam pahlawan.

Setelah pelaksanaan ziarah Kasdim menuturkan, kegiatan ini sangatlah penting, tujuan utamanya adalah mendoakan arwah para pahlawan dan untuk mengenang semangat perjuangan yang telah diberikan para pahlawan kepada bangsa dan negara.
Kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pahlawan.
Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuhkan di dalam hati sanubari kita bersama.

"Sudah sepantasnya kita menghargai dan menghormati jasa-jasa para pahlawan, tanpa peran para pahlawan tentunya negara kita tidak dapat seperti sekarang ini," tuturnya.

Bagi TNI AD, Hari Juang Kartika merupakan peringatan mengenang Pertempuran Ambarawa yang puncaknya terjadi pada 15 Desember 1945. Sebelumnya tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Infanteri TNI AD. Pertempuran Ambarawa berlangsung dari tanggal 12 sampai 15 Desember 1945 yang dipimpin Panglima Besar Jenderal Soedirman dan berhasil meraih kemenangan gemilang dengan memukul mundur sekutu dari Ambarawa. 
Sebagai bukti sejarah, di lokasi pertempuran, kemudian dibangun sebuah monumen bernama Monumen Palagan Ambarawa.

Sejak Tahun 1999, Pemerintah RI menetapkan tanggal 15 Desember sebagai Hari Juang Kartika TNI AD.

 "Sebelumnya, TNI AD memperingati tanggal tersebut setiap tahun sebagai Hari Infanteri. Kemudian melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 163 Tahun 1999 dan Surat Keputusan Kasad Nomor Skep/662/XII/1999. Sejak itu, Hari Infanteri tanggal 15 Desember, ditetapkan sebagai Hari Juang Kartika," pungkas  Kasdim.


About LintasPati.Com

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.