Pentingnya Menjaga Kebugaran Tubuh Diera Pandemi Covid-19

LintasPati.com -

Pandemi Covid-19 menyebabkan adanya perubahan perilaku dimasyarakat. Saat ini seluruh masyarakat diwajibkan untuk menaati protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah seperti: mencuci tangan, memakai masker, menjauhi kerumunan, menjaga mobilitas, dan dan menjaga jarak.

Adanya pandemi membuat sejumlah aktivitas harus dikerjakan dari rumah seperti bekerja, belajar, berolahraga dan beribadah. 

Beraktivitas dari rumah bukan berarti masyarakat dapat diam dan bermalas-malasan. Sebab, tubuh perlu berolahraga agar tubuh tetap bugar dimasa pandemi. Olahraga merupakan obat mujarab yang dapat didapatkan dengan mudah dan tanpa biaya mahal.  Ada berbagai manfaat olahraga yang dapat dirasakan oleh tubuh diantaranya: Mencegah penyakit jantung dan stroke, menurunkan tekanan darah tinggi, menangkal obesitas, menunda keterbatasan fisik saat usia tua, dan meningkatkan kualitas hidup.

Dokter spesilais kedokteran fisik dan rehabilitasi Siloam Hospitals Balikpapan Dr. Stephanie Theodora Sp.KFR mengatakan, menjaga kebugaran tubuh sangat penting dimasa pandemi covid-19. Menurut Stephanie, kita dapat menjaga kebugaran tubuh dengan melakukan latihan fisik. Latihan fisik sebagai suatu aktifitas yang terencana, berulang-ulang untuk menjaga kesehatan tubuh. Manfaat latihan fisik ini mampu membuat kadar hormon stres menurun, hormon senang meningkat, dan membangkitkan mood. 

Berikut ada beberapa cara meningkatkan kebugaran tubuh yang dapat kita laksanakan dirumah

Rutin Berolahraga
Cara olahraga yang efektif adalah mulai dengan olahraga ringan seperti Jogging, bersepeda, senam dan berenang. Orang yang terbiasa berolahraga tubuhnya akan vit dan tidak mudah tertular berbagai penyakit.

Aktif Bergerak
Aktifitas fisik sebagai gerakan tubuh yang mengeluarkan energi. Aktifitas fisik yang biasa dilakukan sehari-hari misalnya membersihkan rumah, menyapu, naik turun tangga.

Menerapkan pola makan sehat
Untuk menjaga kesehatan, kebugaran saat pandemi penerapan pola makan yang sehat akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus corona. Penerapan pola makan sehat seperti lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur serta protein dalam pola makan harian.

Tidur yang cukup
Saat tubuh mendapatkan istirahat yang cukup banyak hal positif yang dirasakan oleh tubuh. Kebanyakan orang memiliki jam tidur yang tidak cukup dikarenakan mempunyai kesibukan yang padat. Pentingnya untuk menjaga pola tidur yang teratur agar ketika bangun tubuh menjadi lebih segar dan siap beraktivitas kembali.

Jadi teman-teman meskipun berbagai kegiatan kita dibatasi dimasa pandemi ini tidak membuat kita lupa untuk menjaga kebugaran tubuh agar tetap sehat, dan bersemangat dalam menjalani hari. Tetap patuhi protokol kesehatan yang sudah dianjurkan pemerintah ya teman-teman agar tidak terjadinya penyebaran dan penularan virus covid-19. Tetap semangat dan jaga kesehatan karena tidak ada yang menjaga kesehatan kita selain kita sendiri.

Penulis : Maulida Hasanah (Mahasiswi Ipmafa)

About redaksi

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.