Kuatkan Imun dengan Tiga Bahan Ajaib Ini

LintasPati.com -



Sistem imun adalah sistem daya tahan tubuh terhadap serangan substansi asing yang terpapar ke tubuh kita. Substansi asing bisa berasal dari luar maupun dalam tubuh kita sendiri. Bakteri, virus, parasit, jamur, debu, dan serbuk sari merupakan substansi asing yang berasal dari luar. Sedangkan sel-sel mati atau sel yang berubah bentuk dan fungsinya, termasuk juga sel darah putih (leukosit) merupakan substansi asing yang berada di dalam tubuh kita, disebut juga sebagai imunogen atau antigen.

         Daya tahan tubuh, atau sistem imun yang baik dapat melindungi kita dari aneka substansi asing. Oleh karena itu, memiliki daya tahan tubuh yang kuat sangat penting untuk mencegah kita jatuh sakit. Terutama di masa mewabahnya virus corona seperti sekarang ini.

         Ada beragam upaya yang dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Termasuk menerapkan pola hidup sehat, istirahat dan tidur yang cukup, menghindari stres, hingga mengkonsumsi berbagai suplemen maupun rempah-rempah alami. Hal ini dilakukan agar tubuh tetap prima. Nah, menelisik tentang rempah-rempah, kali ini saya akan memaparkan khasiat tiga bahan ajaib untuk menjaga imunitas tubuh.

1. Jahe

Dilansir dari halodoc.com, selain untuk bumbu dapur jahe memiliki khasiat yang sangat banyak. Diantaranya dapat meningkatkan imunitas tubuh, sistem pencernasn, melawan peradangan, serta sebagai obat tradisional untuk pilek dan mual. Mengapa? Karena jahe memiliki sifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri yang mampu memperkuat daya tahan tubuh dan mencegah infeksi.

2. Daun Jinten Putih

Daun jinten putih merupakan tanaman asli dari Asia, Afrika, dan Eropa. Berbagai belahan dunia menggunakan tanaman ini sebagai bumbu masakan. Biasanya untuk menghilangkan bau amis ikan atau daging. Selain itu daun jinten putih bermanfaat untuk mengurangi stres dan kecemasan. Karena daun jinten putih mengandung senyawa organik serta mineral yang bisa memberikan efek relaksasi, ketenangan pikiran, dan membuat tidur lebih nyenyak.

3. Daun Mint

Daun mint atau papermint, biasa kita gunakan untuk membuat minuman segar, campuran masakan, bahkan digunakan juga oleh industri besar sebagai campuran pasta gigi, obat kumur, hingga minyak angin. Daun mint mengandung beragam nutrisi, diantaranya protein, lemak, natrium, karbohidrat, serat, vitamin A, serta vitamin C. Fungsinya untuk meredakan sakit kepala, mengatasi bau mulut, meningkatkan fungsi dan kesehatan otak, serta memperbaiki kualitas tidur.

        Ketiga bahan ajaib tersebut, jika kita campurkan kemudian kita seduh dengan air panas, akan menjadi teh ajaib pereda batuk, penurun demam, serta menyembuhkan sesak nafas maupun pilek. Ini cara yang ekonomis dan alami, karena ketiga bahan tersebut murah dan mudah cara pemerolehannya. Apa lagi jika pandemi seperti ini kita manfaatkan juga untuk mengisi kegiatan 'di rumah saja' dengan menanam rempah-rempah di sekitar rumah. Selain irit, kita tidak ketergantungan  lagi dengan suplemen-suplemen kimiawi. 

       Teh ajaib ini bisa kita buat dan konsumsi kapanpun bersama keluarga, tidak harus menunggu sakit dahulu. Karena mencegah sangat baik dari pada mengobati. Semoga tips yang saya berikan ini bermanfaat. Salam sehat dan semangat!

Penulis: Siti Chomsiatun

Mahasiswi PIAUD IPMAFA Pati




About redaksi

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.