Gerakan Pola Hidup Bersih Dan Sehat Selama Pandemi Covid-19

LintasPati.com -


Oleh : Muhammad Ulil

Menjaga aktifitas sehari-hari dengan pola bersih dan sehat selama pandemic covid-19 harus di prioritaskan, untuk meminimalisir terkenalnya dampak covid-19 dan tidak menjadi penyebar covid-19 serta tidak semakin bertambahnya virus tersebut. untuk memutus rantai penyebaran covid-19 harus dibiasakan melakukan gerakan pola hidup bersih dan sehat selama pandemi-19. Namun terkadang persepsi masyarakat bodo amat dan mengabaikan pola hidup bersih dan sehat, seakan akan virus covid-19 ini tidak ada dan di anggap virus biasa sehingga mengabaikan likungan di sekitar yang kumuh seperti tidak menerapkan pola hidup sehat seperti jarang memakan makanan yang bernutrisi untuk menambah imun serta jarang berolahraga bahkan tidak berolahraga sama sekali. mereka lebih cenderung  asik rebahan dan bermain gadget, daripada menerapkan pola hidup bersih dan sehat padahal jika kita menerapkan pola tersebut manfaatnya banyak sekali, mulai terjaganya jiwa dan raga hingga focus dalam mengerjakan sesuatu seperti beraktifitas pada saat bekerja bahkan bisa mensejahterakan anggota keluarga serta terciptanya suasana yang indah, asri dan bahkan bisa menjadikan suasanya yang damai dan nyaman.

Gerakan pola hidup bersih dan sehat adalah salah satu strategi dalam pencegahan dan meminimalisir penyebaran covid, dari gerakan tersebut sangat lah efektif dan mudah dilakukan oleh semua masyarakat, bahkan pemerintahpun terus memberikan edukasi untuk tetap melakukan gerakan pola hidup bersih dan sehat selama pandemi covid-19. pemerintah juga terus menghimbau gerakan hidup bersih dan sehat selama pandemi covid-19. Kepedulian pemerintah mengenai gerakan pola hidup bersih dan sehat sudah dilakukan sejak dulu sebelum pandemi covid-19 melanda, kepedulian pemerintah dapat di lihat pada tahun 2008, menteri kesehatan mengeluarkan peraturan baru mengenai team medis di Indonesia, peraturan ini memiliki 9 bab dengan 20 pasal di dalamnya,  bertapa pedulinya pemerintah mengenai keshatan masyrakat ,sebelum di landa pandemic covid-19 pemerintah sudah mengeluarkan peraturan tentang kesahatan untuk masyarakat. 

Gerakan pola hidup bersih dan diharapkan dapat  memutus rantai penyebaran covid-19. Pemerintah menganjurkan kepada seluruh masyarakat  Untuk melakukan dan membiasakan gerakan pola hidup bersih dan sehat, seperti::

  1. Paham akan kondisi kesehatan diri sendiri, apabila mengalami gejala covid-19 seperti flu, batuk sesak nafas, demam, sakit kepala, bahkan sampai kehilangan indra perasa dan penciuman, apabila gejala tersebut terjadi usahakan untuk melakukan isolasi mandiri, dan tidak berkumpul dengan orang lain serta makan makanan yang mengadung nutrisi serta penambah imun, dan konsultasi kepada dokter 

  2. Perbanyak asupan cairan untuk tubuh

  3. Biasakan cuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir

  4. Patuhi protokol kesehatan pada saat keluar rumah dengan tetap melakukan 5M

  5. Lakukan aktifitas fisik seperti rutin berolahraga

  6. Hentikan aktifitas yang merugikan kesehatan

  7. Istirahat yang cukup, untuk badan dan fikiran

  8. Selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar

  9. Tetap dirumah saja

  10. Hindari kerumunan

  11. Selalu berdoa dan minta perlindungan pada Allah SWT agar selalu berfikiran positif

Menjaga kebersihan lingkungan dan kesahatan diri adalah prioritas utama dalam pencegahan covid-19, apabila tidak di terapkan dampaknya sangat menghawatirkan jika angka yang terkena covid-19 semakin tinggi kemungkinan angka kematian pun juga tinggi. Jika kesadaran masyarakat belum menerapkan pola hidup bersih dan sehat maka penurunan grafik penderita covid 19 sangat lama untuk di capai. Apabila di fikirkan menerapkan pola hidup bersih dan sehat sangat lah mudah, murah serta mendapat manfaat yang positif apabila di bandingkan biaya yang harus dikeluarkan untuk pengobatan apabila mengalami gangguan kesahatan cukuplah mahal. 

Mari cegah penularan covid-19 mulai dari kita sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar kita, usahakan untuk selalu menerapkan gerakan pola hidup bersih dan sehat semaksimal mungkin, dengan begitu akan memutus rantai penyebaran covid-19 bahkan bisa menghilangkan virus tersebut di muka bumi ini, kesehatan anda adalah garda terdepan untuk menyelamatkan jutaan jiwa, kesadaran untuk menjaga lingkungan dan kesehatan sangat di butuhkan di tengah pandemi covid-19, pemerintah selalu peduli dengan kesehatan masyarakat, jangan sampai mengabaikan kepedulian pemerintah demi kesenangan diri sendiri karena hal tersebut dapat merugikan orang banyak, pemerintahpun selalu mengupayakan dan berjuang sekuat tenaga untuk sealalu memberikan edukasi mengenai pencegahan covid-19, jangan sia-siakan perjuangan pemerintah karena semua yang dilakukan untuk mensejahterakaan masyarakat, gerakan hidup bersih dan sehat di tengah pandemi covid-19 tetap prioritas utama untuk mencegah terkenanya covid-19 karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.


About redaksi

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.