Serbuan Vaksin Tahap Dua Kembali Digelar

Lintaspati.com, Wonosobo - Kodim 0707/Wonosobo kembali melaksanakan serbuan vaksin tahap 2, kali ini bertempat  di Koramil 06/Kertek.  Adapun tempat pelaksanaan vaksin di aula Kantor Kecamatan Kertek. (12/8)

Danramil 06/Kertek Kapten Arm Listiyono saat mendampingi pelaksanaan vaksin tahap ke 2 ini menyampaikan agar kepada para peserta vaksin tetap menerapkan  protokol kesehatan Covid-19 yaitu dengan cara memakai masker yang benar, menjaga jarak, mencuci tangan dan mengurangi mobilitas.

Kegiatan vaksin ini sebagai tindak lanjut vaksin tahap pertama yang dilaksanakan pada tanggal 12 Juli 2021. Lebih lanjut disampaikan, vaksinasi Dosis 2  ini bertujuan mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. 

Dr. Tifano menambahkan bahwa dalam pemberian vaksin agar hasilnya bisa maksimal maka dilaksanakan dalam 2 tahapan. Setiap tahapan   memiliki tujuan yang berbeda. Dijelaskan, vaksinasi dosis pertama bertujuan untuk mengenalkan vaksin dan kandungan yang ada di dalamnya kepada sistem kekebalan tubuh. Dosis pertama ini dilakukan untuk memicu respons kekebalan awal. 

"Setiap  kali penyuntikan masing-masing sebanyak 0,5 mililiter dengan jarak waktu 14 hari. Selang 14 hari dari pemberian dosis pertama, dilanjutkan dengan suntikan kedua yang bertujuan untuk menguatkan respons imun yang telah terbentuk sebelumnya. Antibodi tersebut baru akan optimal 14-28 hari setelah suntikan kedua dilakukan. Dua dosis suntikan ini akan memicu respons antibodi yang lebih optimal dan lebih efektif di masa yang akan datang," kata dr Tifano.

(Pendim0707)

About LintasPati.Com

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.