Dandim Cek Kesiapan Personel Dan Sarana Pendukung Dalam Kegiatan Latihan Penanggulangan Bencana Alam

Salatiga - Dalam rangka meningkatkan kemampuan penanganan dan pertolongan  dalam menghadapi kemungkinan terjadinya Bencana alam Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Loka Jaya.SIP membuka  Latihan Penanggulangan Bencana Alam di  Lapangan Rakyat Desa Banyubiru kecamatan Banyubiru Kab.Semarang,Kamis (05/11)

Kegiatan Latgulcal ini dilaksanakan bekerjasama dengan Kepolisian , BPBD, Basarnas, Pemadam Kebakaran, dan jajaran Pemda.

Pelaksanaan Latihan Penanggulangan bencana alam Kodim 0714/Salatiga ini bertujuan guna melatih dan menguji kesiap siagaan satuan sesuai dengan Prosedur Tetap (Protap) yang dibuat satuan  dalam menghadapi bencana alam dan untuk menguji kemampuan Komandan Kodim  dan  Perwira Stafnya maupun aparat Pemerintah Daerah Kabupaten Semarang dan Organisasi terkait dalam mengolah kemampuan operasional pelaksanaan kegiatan di dalam organisasi penanggulangan bencana alam yang di hadapi.

Penanggulangan bencana harus dilaksanakan secara terpadu antara Kodim dan pemerintah daerah, dengan terencana, terkoordinasi secara menyeluruh dalam rangka memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman dan resiko bencana.

Dalam operasi bantuan ini yang meliputi aspek komando pengendalian    dan prosedur bantuan administrasi dalam rangka pembinaan dan pemberdayaan wilayah, serta bagaimana memadukan visi dan misi Forkopimda dalam menghadapi bencana alam.

Dalam sambutannya Dandim  menyampaikan agar semua personel yang terlibat dalam kegiatan Latgulcal melaksanakan dengan sungguh sungguh.Aplikasikan apa-apa yang sudah di latihkan di sesuaikan dan dihadapkan pada kejadiaan sesunguhnya.

"Bencana alam diwilayah propinsi jawa tengah terutama dalam penanganan korban bencana  , untuk itu saya perintahkan materi latihan ini harus benar – benar dapat dipahami , dicermati dan dipelajari disatuan masing – masing dan gunakan inovasi dan kreativitas dihadapkan pada karakteristik bencana yang berbeda – beda".pungkasnya.

Hadir pula dalam pembukaan Latihan Penaggulangan Bencana alam tersebut antara lain,Kasiopsrem 073/Makutarama Mayor Inf Hermawan Adi N,Kasiterem 073/Makutarama Letkol Inf Arif Ismawan,Pasilatrem 073/Makutarama Mayor Kav.Jones Fery Manurung,Wadan Denzibang 3/IV Sltg Mayor Czi Epy Tiyanto,Pabungdim 0714/Sltg Mayor Inf Supriyono,Dansub Den POM Ambarawa Kapten CPM Sarjono,Danramil Banyubiru Kapten Inf Qhodir,Pasi Opsdim 0714/Sltg Lettu Czi Ahmad Taufik,Kapolsek Banyubiru Iptu Rahmad Basuki. SH,Camat Ambarawa Hartono serta Kades Banyubiru  Sri Anggoro.

Setelah melaksanakaan upacara pembukaan,Dandim dengan didampingi tamu undangan melaksanakan pengecekan kesiapan personel dan sarana prasarana pendukung kegiatan Latgulcal.(pendim0714)

About LintasPati.Com

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.