Tanamkan rasa cinta lingkungan, ini yang dilakukan TNI, Polri dan Karang Taruna desa Ngurensiti Wedarijaksa

Pati-Gerakan penghijauan yang sedang digalakkan oleh Pemerintah serta komponen masyarakat di tahun 2020 sudah banyak dilaksanakan dibeberapa wilayah di Kabupaten Pati.


Penghijauan atau reboisasi dilaksanakan baik di hutan yang Gundul, dilahan kosong, maupun di pantai dengan menanam pohon Mangrove juga sudah diupayakan  untuk mencegah abrasi.

Sedangkan manfaat dari penghijauan di darat dengan menanami kembali hutan yang Gundul serta lahan kosong tentunya juga banyak manfaat yang dapat dipetik dikemudian hari. Selain menambah asri, proses fotosintesis juga dapat memperbaiki kualitas udara. Manfaat lain nya juga dapat membantu sebagai resapan air tanah dan untuk mencegah erosi serta tanah longsor karena akar pohon dapat menahan serta memperkuat tanah agar tidak mudah terbawa atau terkikis oleh air.


Inilah yang menjadi salah satu inspirasi kegiatan yang bertajuk gerakan Tanam  Pohon Sengon sebanyak 1000 batang yang berasal dari bantuan Dinas Kehutanan Kabupaten Pati yang di Prakarsai oleh Karangtaruna "Sari Bumi Ngurensiti" desa Ngurensiti Kecamatan Wedarijaksa Pati. Jumat, 31/1/2020.

Yang lebih menarik lagi, kegiatan ini bukan cuma melibatkan orang dewasa saja, namun juga melibatkan siswa Sekolah Dasar (SD) Ngurensiti  kelas V dan VI  sebanyak 175 siswa.

Tentunya kegiatan ini sangat positif karena selain manfaat yang dapat dituai setelah pohon tumbuh menjadi besar, dari sisi edukasipun memang sudah sangat tepat sebagai sarana menanamkan pendidikan sejak usia dini kepada anak terhadap cinta lingkungan serta kelestarian alam.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah dari Dinas Kehutanan Kabupaten Pati yang dipimpin  Tatik, Sp beserta Rombongan, 10 orang Anggota TNI dari  Koramil 07/Wadarijaksa yang dipimpin Pelda Suwarso, 11 orang Anggota Polsek Wedarijaksa yang dipimpin  oleh Akp.Teguh Rusianto, SH, Koordinator PPL beserta 4 orang, PJ.Kades Ngurensiti beserta Perangkat desa, Seluruh Guru SD Ngurensiti 1 dan 2 dipimpin  Sukarlin, S. pd.SD, Ketua Karang Taruna Sari Bumi  desa Ngurensiti beserta anggota dan Siswa SD Ngurensiti  kelas V dan VI  sebanyak 175 siswa.

Kegiatan gerakan tanam 1000 pohon dimulai dari pukul 07.20 wib dan berahir pada pukul 09.20 wib dengan memilih lokasi disepanjang jalan serta dipinggir saluran pengairan di desa Ngurensiti.(Snpt.pendim)

About LintasPati.Com

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.