Haul mbah Ronggo Kusumo desa Ngemplak Margoyoso tahun 2019

Pati - Sejenak kita tengok sejarah di seputar Pati utara yang mempunyai Agenda besar di bulan Safar, tepatnya di desa ngemplak kecamatan Margoyoso kabupaten Pati dalam gelaran haul Mbah Ronggo kusumo yang tahun ini di laksanakan Pawai atau Karnaval budaya yang diikuti 22 peserta dari wilayah pati,semarang,rembang dan beberapa kota di jawa tengah,Kamis 10/10/2019.



Dalam cerita sejarah desa Ngemplak kidul dibuka oleh Mbah Ronggo Kusumo beserta para murid dan keluarganya, Mbah Ronggo Kusumo adalah salah satu wali lokal yang menyebarkan agama Islam. Raden Ronggokusumo adalah putera Ki Agung Meruwut yang masih keponakan KH.Ahmad Mutamakkin.

Ia diperintahkan untuk membuka tanah (menebang hutan) disebelah barat Desa Kajen, Perintah beliau dilaksanakan penuh tanggungjawab sehingga dalam waktu yang singkat (konon dalam waktu satu malam) tanah tersebut terlihat emplak-emplak, sehingga oleh beliau dinamai Desa NGEMPLAK.

Raden Ronggo Kusumo menetap di Desa tersebut dan berjasa besar dalam menyiarkan Agama Islam. Masyarakat desa Ngemplak Kidul dan sekitarnya sangat menghormati Mbah Ronggo Kusumo. Hari wafat beliau, 10 Sapar (Arab: Safar) diperingati sebagai "Haul Syekh Ronggo Kusumo."

Koramil 06/Margoyoso dalam hal ini selalu melakukan pengamanan setiap tahunnya baik dalam haul KH Mutammakin kajen maupun haul Mbah Ronggo Kusumo,serangkaian acara dari mulai awal hingga puncak acara Anggota Koramil selalu hadir di tengah-tengah pengunjung.

Itulah dua event besar di wilayah Kecamatan Margoyoso yang dimeriahkan peserta karnaval dengan berbagai Basic kesenian serta budaya yang ikut serta dari berbagai wilayah di jawa tengah untuk memeriahkan acara tersebut.(ipl/pendim)

About LintasPati.Com

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.