Kecamatan Gunungwungkal bangkitkan semangat patriotisme melalui kegiatan kirab merah putih


Pati - Dalam rangka  memperingati dan memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia tahun 2019, pada hari ini minggu tanggal 18 Agustus 2019 di halaman kecamatan Gunungwungkal telah dilaksanakan acara Kirab Bendera Merah Putih.



Aacara kirab dimulai sejak pagi hari yakni pukul 07.30 wib mengingat rute yang akan dilalui peserta yang berjumlah  1.200 orang ini cukup panjang sekitar 65 km melewati 15 desa dengan perkiraan waktu tempuh  4 jam 15 menit.


Kegiata kirab ini merupakan gagasan dari muspika bersama kepala instansi, ormas kepemudaan serta masyarakat sekecamatan Gunungwungkal.


Terlihat seluruh pejabat serta tokoh masyarakat hadir dan mengikuti acara yang bernuansa Nasionalisme, Hadir dalam kegiatan tersebut  Camat Gunungwungkal Eko Purwantoro, S.Sos,Danramil 14/Gunungwungkal Kapten Inf Sudirman, Kapolsek Gunungwungkal Iptu Agus Pranowo, Kepala Desa sekecamatan Gunungwungkal, Banser kecamatan Gunungwungkal,Pemuda Pancasila, Paskibraka Kecamatan Gunungwungkal, Pencak silat cempaka putih, Masyarakat kecamatan Gunungwungkal dan Instansi sekecamatan Gunungwungkal.


Sebelum pemberangkatan Kegiatan kirab diawali dengan penyerahan bendera merah putih dari pasukan Paskibra kecamatan Gunungwungkal kepada Camat Gunungwungkal Eko Purwantoro, S.Sos yang selanjutnya dipasang pada kendaraan yang akan dipakai untuk kirab.


Ketua penyelenggara acara, Sekcam Gunungwungkal Agus. S mengatakan "Acara Kirab Merah Putih yang dilaksanakan di kecamatan Gunungwungkal ini adalah yang perdana, sehingga diharapkan tahun- tahun kedepan dapat diagendakan kembali sebagai acara rutin tahunan," ucap sekcam.


"Saya sebagai ketua penyelenggara mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi masyarakat dan semua pihak  yang telah mensukseskan acara kirab ini,"


"Dengan  adanya kirab merah putih ini diharapkan dapat menumbukan kembali rasa patriotisme masyarakat khususnya kecamatan Gunungwungkal," tandasnya.


karena permintaan masyarakat Kecamatan Gunungwungkal agar seluruh desa supaya dilewati acara kirab, sehingga acara akan berlangsung cukup lama karena panjangnya jarak karena melewati seluruh desa yang berJumlah 15yakni 1. Desa Gunungwungkal,2. Desa Jembulwunut,3. Desa Bancak,4. Desa Giling,5. Desa Jrahi,6. Desa Gulangpongge,7. Desa Jepalo,8. Desa Perdopo,9. Desa Sidomulyo,10. Desa Sampok,11. Desa Pesagen,12. Desa Gadu,13. Desa Gajihan,14. Desa Ngetuk, dan 15. Desa Sumberejo.



Sepanjang jalan terdengar pekik Merdeka..!! merdeka...!! merdeka ..!! dari peserta kirab yang disambut masyarakat desa yang dilalui.


Sebagai penanggung jawab semua kegiatan, Camat Gunungwungkal dalam sambutannya mengatakan, "Saya juga tidak menyangka  peserta sampai begitu banyak, ini adalah sebagai indicator bahwa antusiasme masyarakat dalam menyambut HUT RI tidak perlu diragukan lagi,"


"Saya mengucapkan banyak terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada masyarakat kecamatan Gunungwungkal yang telah memerintahkan HUT RI ke-74 tahun 2019 dengan kesuksesan dalam pelaksanaan Upacara pengibaran bendera merah putih di lapangan Desa Sumberejo , dan kegiatan penutup yaitu kirab merah putih yang sangat meriah ini,"pungkasnya.


Dihubungi sebelum pemberangkatan, Kapten Inf Sudirman Danramil 14/Gunungwungkal selaku koordinator lapangan menambahkan, "Saya sebagai koordinator lapangan banyak terimakasih kepada peserta kirab dan panitia karena dalan kegiatan perdana ini cukup antusias,"


"Terbukti jumlah peserta sekitar 1200 karena tidak mudah mengumpulkan orang sebanyak itu, saya ingatkan kepada peserta kirab agar selalu menjaga faktor keamanan, karena Medan yang dilalui cukup ekstrim dan jarak yang cukup jauh,"Ucap Sudirman.


Kegiatan arak-arakan kirab Merah putih ahirnya selesai dan masuk finish di halaman Kecamatan Gunungwungkal pada pukul 11.45 wib dalam keadaan aman dan lancar.(Snpt.Pur/pendim)


About LintasPati.Com

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.