Expo dan Lomba ternak serta peternakan sapi dan kambing Kabupaten Pati dibuka hari ini oleh bupati

Pati, Bertempat di Lapangan Sebelah Timur Taman Kota Kalidoro Pati telah berlangsung Expo dan Lomba Ternak serta Peternakan tingkat Kabupaten Pati tahun 2019 dalam rangka HUT RI ke-74 dan HUT Kabupaten Pati ke-696. Sabtu ,03/08/2019.


Kegiatan Expo Ternak Sapi Dan Kambing ini diHadiri Oleh Jajaran Forkopimda serta Skpd Kabupaten Pati antara lain: Bupati Pati H.Haryanto SH MM MSi,Wakil Bupati H.Saeful Arifin SE, Wakapolres Pati Kompol M Ifan Hariyat T SH SIK, Kasdim Kodim 0718 Pati Mayor Inf M Solikhin SAG MSi, Sekda kabupaten Pati, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Jateng yg mewakili  Agus Sucipto Spt MSi, Kajari Pati Dedy Koesmono, Kepala Dinas Pertanian Pati Ir.Muhtar Effendi MM, Komisi B DPRD Kab.Pati, OPD,
Kepala Dinas yg membidangi Peternakan, Muspika Kec.Pati, Kabid, Kasi dan Kasubag Dispertan Kab.Pati,
Mantri dan tenaga Medis hewan dan Peternak Peserta Lomba.

Dalam sambutanya Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov Jateng menyampaikan bahwa Komunitas sapi  dijateng ada sekitar 1 juta lebih, untuk Pemerintah lebih mengutamakan bibit lokal agar keanekaragaman yg ada ditanah air terjaga dengan mengembangkan Sumber Daya Genetik Hewan, Karena di Jawa tengah ada 10 Jenis Sapi unggulan, ini perlunya adanya pengelolaan dalam pembibitan agar tetap terjaga keberadaannya.

Dengan momen kontes ini merupakan bentuk apresiasi kepada peternak serta memberi motivasi peteranak untuk berkarya dan sebagai pelaku usaha peternakan semakin sejahtera.


Sementara itu dalam Sambutanya  Bupati Pati H.Haryanto, SH, MM, M.Si Mengatakan, "Kepada semua hadirin yg hadir dan peserta lomba perlu diketahui untuk Populasi sapi PO ada Sekitar 1 juta dan dikabupaten Pati ada beberapa jenis unggulan dan dapat menyokong keberaadaan sapi  nasional,"


"Dalam memalihara ternak, masyatakat secara umum pengenya yang cepat dan mendapat hasil banyak serta nilai Ekonomis yang tinggi, dan ini Perlunya pembibingan dan motivasi agar peranakan sapi tidak punah,"


"Tidak hanya sapi dan kambing, peternak ayam juga saat ini memberi pemasukan daerah Kabupaten Pati cukup besar , bersama semua pihak mari mengembangkan peternakan yg ada diKabupaten Pati ini agar dapat memberi nilai Ekonomis masyarakat demi Kesejahteraan warga Pati," Tutur Haryanto.

Berikut ini adalah daftar juara lomba ternak Sapid an kambing yang dibagi dalam 9 Kategori  yaitu :
a. Kategori Sapi Induk : Juara 1. JanawiJuara, juara 2. Surat, Juara 3. Kadiru, Juara Harapan 1 : Juwadi, Juara Harapan 2 : Rasiman.

b. Kategori Sapi Calon Induk : Juara 1. Parmin, Juara 2. Sapawi, Juara 3. Santoso, Juara Harapan 1 : Sudargo, Juara Harapan 2

c. Kategori Sapi Pejantan : Juara 1. Faiz, Juara 2. Suwarji, Juara 3. Abdul Hamid, Juara Harapan 1 : Parmin,
Juara Harapan 2

d. Kategori Calon Sapi Pejantan : Juara 1. Sukari, Juara 2. Saroji, Juara 3. Jumadi, Juara Harapan 1 : Kholil, Juara  Harapan 2 : Slamet

e. Kategori Sapi Eksotis : Juara 1. Anita, Juara 2. Imam Samudra, Juara 3. Wahyu, Juara Harapan 1 :
Tikwoyo, Juara Harapan 2 : Podo

f. Kategori Kambing Induk : Juara 1. Zaeni, Juara 2. Mulyono, Juara 3. Karbin, Juara Harapan 1 : Giyono, Juara Harapan 2 : Susilo

g. Kategori Kambing Calon Induk : Juara 1. Sukarbin, Juara 2. Suyoto, Juara 3. Safin, Juara Harapan 1 : Giyono, Juara Harapan 2 : Sudadi

8. Kategori Kambing Pejantan : Juara 1. Safin, Juara 2. Zaeni, Juara 3. Sutris, Juara Harapan 1 : Judi,
Juara Harapan 2 : Suyoto

9. Kategori Kambing Calon Pejantan : Juara 1. Safin, Juara 2. Jahirin, Juara 3. Susilo, Juara Harapan 1 : Doni Putra

Lomba kali ini diikuti sebanyak 125 ternak berjumlah 16 Stand, diantaranya : Sapi 62 peternak dan Kambing 63 Peternak, sedangkan bagi pemenang mendapatkan piala, piagam serta uang pembinaan:
a. Juara 1 Uang Rp.1,5 Juta Piala dan Piagam
b. Juara 2 Uang Rp.1 juta Piala dan Piagam
c. Juara 3 Rp.750.ribu. Piala dan Piagam
d. Harapan 1 Rp.300 ribu. Piala dan Piagam
e. Harapan 2. Rp.200 ribu. Piala dan Piagam


Dalam lomba tersebut salah satu juara peternak kategori calon induk kambing adalah peltu Sukarbin anggota koramil tambakromo kodim pati. (snpt/pendim)

About LintasPati.Com

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.