lintas pati

Senkom Mitra Polri Diminta Jangan Lebihi Kewenangan Aparat Penegak Hukum



LintasPati.com - Kota, Bupati Pati Haryanto hari ini membuka kegiatan Workshop Penguatan Kelembagaan Senkom Mitra Polri Kabupaten Pati, di Aula Pertemuan Sekretariat Senkom Desa Mustokoharjo Kecamatan Pati.

Senkom merupakan sentra komunikasi Mitra Polri yang kerap hadir dalam kegiatan-kegiatan, baik itu peringatan-peringatan nasional maupun juga kegiatan-kegiatan kemasyarakatan.

"Terbukti bahwa setiap kali kita ada agenda hari-hari besar selalu hadir. Karena itu, adanya pembekalan workshop ini tidak berlebihan, karena Senkom memang sebagai Mitra Polri yang banyak membantu pemerintah ataupun Polri", terang Haryanto.

Bupati pun menghimbau agar peserta jangan hanya sekedar hadir, tapi tidak tahu apa tujuan dan kegunaan adanya workshop ini.

"Sama seperti halnya saya pakai baju apa, ada pangkatnya, ada tanda baiknya, kalau tidak tahu tugas pokok dan fungsi itu akan jadi persoalan. Adanya workshop atau pelatihan semacam ini, tujuannya agar kita punya bekal, paling tidak punya arah, jangan sampai nanti kita punya organisasi yang solid tapi tidak tahu fungsinya", ujarnya.

Yang terpenting, lanjut Bupati, jangan sampai melebihi kewenangan aparat penegak hukum.

"Jangan berbuat di luar tugas atau wewenang dari pada Senkom. Sebab satu saja membuat kesalahan atau membuat persoalan, akan mencemari seluruhnya. Ibarat ada nila setitik merusak susu sebelanga. Karena ulah 1 atau 2 orang yang jelek pasti dikonotasikan satu jelek semuanya pasti jelek", tutur Bupati.

Ia pun berharap peran serta Senkom semakin meningkat dalam menambah kekuatan  keamanan maupun juga menambah informasi yang ada di lapangan.

"Sehingga adanya informan-informan yang ada di lapangan ini, bisa memudahkan kita berkomunikasi atau menyelesaikan persoalan", harapnya.

Sementara itu, Moh Husen selaku ketua panitia menambahkan bahwa workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran hukum dan Kamtibmas, serta untuk mewujudkan partisipasi tentang pentingnya sinergi antara masyarakat dan Senkom Mitra Polri.

Selain itu menurut Husen, workshop ini merupakan pertemuan penting, guna mendapatkan informasi dan materi mengenai peran dan fungsi Kamtibmas di masyarakat melalui arahan Bupati Pati dan pencerahan dari para narasumber  Polres, Kodim, Kesbangpol dan BPBD.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kapolres Pati, Dandim 0718 Pati, perwakilan BPBD Kabupaten Pati, perwakilan Kesbangpol Kabupaten Pati dan 125 anggota Senkom Kabupaten Pati, serta Ketua Senkom Provinsi Jateng. (LP/ HMS)

About redaksi

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.