TNI tumbuhkan semangat bagi penyandang disabilitas



  Pos Nananoe adalah Satgas Pamtas RI - RDTL  Yonif Raider 408/ SBH yang terletak di ketinggian Desa Nananoe Kec. Nanaet Duabesi Kab. Belu selama ini penyandang disabilitas di pandang rentan terhadap kemiskinan karena keterbatasan akses pekerjaan dan akses pengembangan ketrampilan. Namun penyandang disabilitas tersebut tidak menjadi halangan bagi mereka, seperti beberapa warga yang berada di perbatasan dengan Timor Leste, Rabu 26/06/2019
 
  Pemerintah membentuk program LSM yang dikhususkan untuk para penyandang disabilitas. Kami dari Pos Nanaenoe selalu ikut serta dalam pertemuan dengan LSM, beserta warga penyabdang disabilitas. Adapun kegiatan yang mereka rencanakan untuk mendukung para penyandang diaabilitas ini, seperti contoh dengan membuat makanan ringan yang mudah di dapatkan bahan nya dari sekitar an desa Nanaenoe.

Mereka dapat memanfaatkan hasil alam untuk di olah menjadi makanan ringan yang dapat di gunakan untuk konsumsi setiap hari maupun di perjual belikan di kios-kios kecil. Dalam kegiatan ini kami Pos Nanaenoe selalu memberi ide - ide yang dapat mereka terapkan dalam kegiatan membuat makanan ringan, misal keripik singkong, keripik jagung, aneka macam gorengan dan roti.
 
  Menurut Bapak Rents yang sebagai ketua pemuda di sini sangat senang dengan kehadiran kami, karena selalu memberi ide dan sekaligus praktek sampai menjadi sebuah hasil yang selama ini mereka belum pernah tau cara pembuatan makanan ringan tersebut. Mudah dan kreatif itulah yang kami terapkan kepada mereka para penyandang disabilitas, dan kami berharap tidak ada kata menyerah dalam hidup ini walaupun sebegai penyandang disabilitas.
 
Letda Inf Sumito sebagai Danpos Nananoe mengatakan penyandang disabilitas harus selalu diikut sertakan dalam kegiatan dengan masyarakat lainnya agar penyandang disabilitas ini dapat berkreatif dan berimajinasi.

About LintasPati.Com

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.