Bersama Bupati dan Forkopimda, Gubernur Jateng Main Kethoprak Projo Budhoyo di Pati

LintasPati.Com - Kota, Pagelaran Kethoprak Projo Budhoyo yang berlangsung tadi malam (Jum'at, 24 November 2017) di alun-alun simpang lima pati berlangsung meriah dengan kehadiran Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 



Dengan cerita Sumilaking Pedut Ing Bumi Mataram, Kethoprak dalam rangka HUT PGRI ke 72 ini juga diperankan oleh Bupati Pati Haryanto, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, Dandim 0718 Pati Letkol Inf Andri Amijaya Kusumah, Kapolres Pati AKBP Maulana Hamdan dan para pejabat di Kabupaten Pati. 


Hadir pula sebagai bintang tamu, dalang Warseno Slank, Yati Pesek dan Gareng Sumarbagyo. 



Meskipun suasana "adem"  paska Kota Pati diguyur hujan, tak menyurutkan minat masyarakat untuk menonton pagelaran langka ini. 



Kethoprak yang beberapa tahun terakhir dimainkan oleh para pejabat Pemkab merupakan suguhan yang unik dan langka. Tahun ini pagelaran tersebut semakin meriah dengan kedatangan Ganjar Pranowo, orang nomor satu di Jawa Tengah itu.

Dalam sambutannya Bupati Pati mengatakan, "Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Setda Provinsi Jateng dan Bapak Gubernur yang mau mendukung pementasan pada malam hari ini" 

"Kami selain tugas pokok untuk melayani masyarakat pada malam hari ini kita menghibur warga masyarakat Pati Kegiatan ini bermaksud untuk nguri-nguri budaya Jawa kususnya Ketoprak sehingga budaya kita yang adiluhung tidak akan punah, kecuali  sbg hiburan kami juga bermaksud memberikan tuntunan", imbuhnya. 



Sambutan Setda Prov Jateng pada intinya " Pada malam hari ini kita akan berbaur dengan masyarakat untuk menghibur dengan berkethoprak ria menyatu  dengan masyarakat dan untuk Korpri jangan pernah bosan untuk mengabdi kepada masyarakat dengan meningkatkan pelayanan sesuai tugas dan fungsi masing"

"Mari kita ramaikan hiburan kethoprak ini semoga bisa menjadi tuntunan, karna mandirinya Budaya Bangsa akan mengangkat harkat dan martabat Bangsa di mata dunia", tukasnya. 

Peran dalam pagelaran dimainkan oleh pejabat Pemerintah Daerah Kab Pati yaitu "
- Adipati Wiro Bumi ( Ir Sujono/ Kadin Ketahanan Pangan )
- Garwo Ratu Manik ( Sri Yatun SE MM/Diskop dan UMKM )
- Patih Wiro Pati ( Suhud S Sos MM/ Setwan )
- Senopati Wryandono ( Gubernur Ganjar Pranowo )
- Ki Ageng Kali Jambe ( Dandim 0718/ Pati )
- Ki Ageng Gondang Rejo ( Kapolres Pati )
-  Ki Ageng Tasik Madu ( Ir Suharyono MM/ Setda Pati )
- Ki Ageng Kedawung ( Sudarto/ Kesbangpol )
- Ki Papuan ( Ir Haryanto SH MM Msi/Bupati Pati )
- Patih Sandang Rogo ( H Saiful Arifin/ Wabup Pati )

 (yl) 

About LintasPati.Com

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.