Kalimantan

Pembukaan Acara Gawai Serumpun Tampun Juah (GSTJ)

.


LintasPati.com, Sanggau, Kalbar – Danpos Segumun Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 645/GTY Letda Inf Risco Hadiri Pembukaan Acara Gawai Serumpun Tampun Juah (GSTJ) yang melibatkan 3 negara (Indonesia, Malaysia dan Brunei Darusalam), di Dusun. Segumun Desa. Lubuk Sabuk Kecamatan. Sekayam Kab. Sanggau. Jumat, (12/08/2022).


Demikian dikatakan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/Gty, Letkol Inf Hudallah, S.H. dalam keterangan tertulisnya di Makotis Gabma Entikong, personil Pos Segumun Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 645/GTY yang diwakili Danpos langsung Letda Inf Risco menghadiri Pembukaan Acara Gawai Serumpun Tampun Juah (GSTJ) yang melibatkan 3 negara (Indonesia, Malaysia dan Brunei Darusalam), di Dusun. Segumun Desa. Lubuk Sabuk Kecamatan. Sekayam Kab. Sanggau. 


Pada tahun 2022 ini, Acara Gawai Serumpun Tampun Juah (GSTJ) kembali digelar bukan hanya sebagai seremonial melainkan menjadi wadah atau tempat bagi masyarakat adat komunitas tampun juah dalam menghimpun dukungan Tampun Juah sebagai situs sejarah dan budaya, diantaranya untuk membangun rumah adat menua asal Tampun Juah. 


Dalam sambutannya Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot mengatakan bahwa Momen ini dipakai sebagai wadah untuk mempersatukan Suku Dayak dan untuk ikut menjaga melestarikan alam. terang Yohanes Ontot

“Kepada kita semua dalam kesempatan ini, yang mana hari ini telah dibuka kegiatan gawai Serumpun Tampun Juah (GSTJ). Dengan hal tersebut, kita minta kerjasama kita semua dalam rangka menjaga situasi selama kegiatan gawai Dayak yang kita laksanakan ini kurang lebih 3 (tiga) hari ke depan,” ujarnya.


Kegiatan dihadiri oleh Anggota DPR RI Dapil Kalbar Bapak Krisantus S.IP .M.Si., Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot M.Si, Kecamatan Sekayam Bapak Junaidi, Kapolsek Sekayam AKP Ruslan, Danramil Noyan diwakili Serka Paul, Kapolsek Noyan Ipda Pintor Hutajulu, Kades Bungkang Bapak Rigen, Kades Lubuk Sabuk Bapak Petrus Kenedy, Temenggung Sisang Bapak Ageus Laimudin, Direktur Institut Dayakologi Bapak Krisusandi Gunui, Ketua Gabungan Orang Asal Sabah-Sarawak Peter John Jaban, Forkopimda Kabupaten Sanggau, Danpos Segumun Letda Inf Risco, Instansi Bea Cukai, Imigrasi dan Kepolisian daerah Segumun, Pemuda Panca Marga (PPM Segumun). 
( Satgas Pamtas Yonif 645/GTY)

About m@s

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.