Desa Tendas Terpilih Sebagai Kampung Pancasila Diwilayah Kecamatan tayu


Kental dengan nuansa budaya sebagai kekayaan serta keberagaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, ini tercermin dalam kegiatan pencanangan kampung Pancasila pagi tadi oleh Forkopincam Tayu. 

Diiringi tari Gambyong, Acara pencanangan Kampung Pancasila di desa Tendas kecamatan Tayu berlangsung meriah yang dipusatkan di balaidesa. Senin, (30/05/2022).

Kades Tendas M. Ronzi menyampaikan bahwa Pencanangan kampung Pancasila di desa Tendas merupakan sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi pemerintah desa dan masyarakat desa Tendas.

"Pencanangan desa Tendas sebagai kampung  Pancasila akan kita gunakan sebagai momentum untuk kembali memupuk persatuan dan semangat gotong-royong dalam kehidupan di desa Tendas serta meningkatkan toleransi antar umat beragama,"Kata Kades.

Camat Tayu Dwi Nuriyanto, S.H. berujar, Kampung Pancasila merupakan tauladan dalam persatuan, gotong-royong dan toleransi dalam kerukunan beragama.

Pencanangan desa Tendas sebagai Kampung Pancasila merupakan yang pertama di wilayah kecamatan Tayu sehingga merupakan momentum  yang baik dan bisa menjadi contoh dan tauladan bagi desa yang lain.

"Kampung Pancasila diharapkan bisa mewarnai secara luas di wilayah kecamatan Tayu, sehingga situasi di kecamatan Tayu semakin kondusif,"Kata Camat.

Sementara itu Danramil 03/Tayu Kapten Inf Suwoyo menyampaikan bahwa Kegiatan pecanangan Kampung Pancasila dilaksanakan oleh Kodim 0718/Pati diseluruh kecamatan di wilayah kabupaten Pati.

Tujuannya adalah memupuk kembali nilai moral Pancasila yang sangat terasa yang telah terdegradasi akibat pengaruh budaya luar diantaranya pornografi, sex bebas, narkoba juga Intoleransi yang sangat mengancam keutuhan bangsa.

"Mari bersama kita seluruh komponen bangsa Indonesia kembali memegang teguh dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap sendi kehidupan berbangsa,  sehingga terwujud  keutuhan dan Persatuan serta Toleransi dalam bingkai NKRI,"Tandasnya.

Dalam rangkaian  kegiatan tersebut dilaksanakan pemukulan gong sebagai tanda pencanangan Kampung Pancasila dilanjutkan penyerahan simbol Pancasila dari Danramil Tayu kepada Kades, penandatanganan prasasti dan ditutup dengan peninjauan Mural dan posko oleh Forkopincam Tayu.(LP.Snpt)

About LintasPati.Com

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.