Babinsa Dampingi Nakes Vaksinasi Terhadap ODGJ

Lintaspati.com, Wonosobo - Percepat capaian herd immunity,  Anggota Koramil bersama Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan Kecamatan Kertek, memberikan suntikan vaksin bagi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Vaksinasi dilakukan dengan cara mendatangi rumah ke rumah atau door to door. Kegiatan itu dilakukan sebagai upaya percepatan program vaksinasi yang telah dicanangkan pemerintah guna terciptanya kekebalan komunal atau herd immunity.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 06/Kertek Serda Kuswo S.H. M.H. bersama Tim dari Puskesmas 1 Kertek,  dan kader Posyandu Kelurahan Kertek, melaksanakan serbuan vaksinasi secara gratis, Jum'at  (24/09/2021).

Vaksinasi tahap pertama jenis sinopharm bagi ODGJ ini dilaksanakan di  wilayah Kelurahan Kertek dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

"Kami selalu mendampingi petugas vaksinator dari Dinkes dengan mendatangi satu per satu rumah ODGJ. Edukasi dan pendekatan terhadap keluarga dan peserta vaksin juga kami dilakukan," ujar Babinsa Koramil 06/Kertek Serda Kuswo S.H. M.H.

Pelaksanaan vaksinasi ini, secara teknis sama seperti pelaksanaan vaksinasi pada umumnya. Yakni sebelum di vaksin dilakukan skrining, cek suhu tubuh dan tensi darah. Jika dinyatakan sehat, dosis vaksin langsung diberikan.

Sementara itu Danramil 06/Kertek  Kapten Inf Purwanto  mengatakan, vaksinasi terhadap ODGJ membutuhkan kesabaran serta waktu lebih banyak. Khusus untuk ODGJ, vaksinasi dilakukan dengan mendatangi satu per satu, guna memudahkan keluarga mendapat layanan vaksin secara gratis.

"Untuk mempercepat capaian herd immunity, saya sangat mengapresiasi pelaksanaan vaksin terhadap ODGJ ini. Karena itu untuk membentuk kekebalan kelompok, vaksinasi terhadap ODGJ juga harus dilakukan," terangnya.

Dengan gencarnya vaksinasi yang dilakukan serta dapat menyentuh semua lapisan masyarakat, diharapkan bisa membentuk kekebalan kelompok (herd immunity) dan memutus penyebaran Covid-19 di masyarakat.

Pendim 0707

About LintasPati.Com

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.