Kegiatan bhaksos donor darah digelar di gedung KS HALL KSH Pati dalam rangka HUT ke-75 TNI




LINTASPATI.COM - "Sinergi Untuk Negeri" merupakan tema yang di usung dalam momentum peringatan HUT ke-75 Tentara Nasional Indonesia yang akan  diperingati tanggal 5 Oktober 2020 mendatang.

Sejumlah kegiatan sosial juga telah dilaksanakan oleh Kodim 0718/Pati untuk menyambut hari jadi TNI, dan salah satu kegiatan yang digelar hari ini di gedung KS HALL Rumah Sakit Keluarga Sehat Pati adalah bhakti sosial Donor Darah yang diikuti oleh anggota TNI Kodim 0718 Pati dan peserta dari masyarakat umum. Kamis, (17/09/2020)

Dalam keterangan yang disampaikan Dandim Pati pagi tadi di gedung KS HALL Rumah sakit Keluarga Sehat Pati bahwa kegiatan yang dilaksanakan hari ini adalah Bhakti Sosial donor darah Kodim 0718 /Pati bekerja sama dengan Rumah Sakit Keluarga Sehat Pati.

"Kegiatan ini adalah dalam rangka memperingati HUT ke-75 Tentara Nasional Indonesia dengan tema Sinergi Untuk Negeri. Dan semoga kegiatan bhakti sosial ini bisa menambah jumlah stok darah di PMI agar bisa dimanfaatkan masyarakat khususnya diwilayah Kabupaten Pati,"Ujar Dandim.

Dandim menambahkan bahwa kegiatan donor darah yang dilaksanakan hari ini dibagi menjadi dua sesi agar tidak ada kerumunan cukup besar, dimulai dari pukul 08.00 wib sampai pukul 09.30wib sedangkan sesi kedua mulai pukul 10.00 wib hingga 11.30 wib yang diikuti oleh perwakilan anggota TNI dari seluruh Koramil jajaran Kodim 0718 Pati.

Kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan yang digelar secara rutin setiap ada peringatan hari ulang tahun TNI. "Setiap kali kita memperingati Hari ulang tahun TNI selalu ada agenda yang memang sudah biasa kita lakukan dan kebetulan hari ini kita bekerja sama dengan Rumah Sakit KSH Pati,"terang Dandim.

Sementara itu Direktur RS. Keluarga Sehat Pati dr. Kelvin Kurniawan, M. Kes didampingi dr. H. Irawan Sanjoto Putro, Sp.OG direktur RS KSH Tayu menuturkan bahwa setiap tahun pihaknya pasti bersinergi bersama Kodim 0718 Pati melaksanakan kegiatan kemanusiaan. Menurutnya ahir-ahir ini banyak masyarakat yang khawatir untuk melakukan kegiatan donor darah terkait dengan pandemi Covid-19. "Banyak masyarakat saat ini mengalami kekhawatiran untuk melakukan kegiatan donor darah,"Kata Kelvin.

"Di era pandemi ini stok darah di PMI relatif minim atau kurang apabila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, sehingga kami mengajak kepada masyarakat untuk kembali donor darah dan hari ini kita siapkan ruangan yang cukup luas sehingga memenuhi persyaratan protokol kesehatan dan kegiatan dibagi menjadi dua kelompok selain peserta donor dari Kodim 0718/Pati kita juga mengajak kepada  seluruh mitra dari KSH Pati dari masyarakat umum untuk melakukan donor darah pada hari ini,"

Kelvin juga menyampaikan bahwa Kebutuhan darah di KSH Pati sifatnya adalah fluktuatif. "Kebutuhan sekitar 5 hingga 10 kantong darah setiap hari tergantung kondisi apabila ada kecelakaan masal pasti kebutuhan darah akan meningkat tajam dan apabila tidak tersedia stock darah yang cukup maka saudara kita yang membutuhkan akan mengalami kesulitan sehingga dapat membahayakan,"Tambahnya.

Dari kegiatan bhakti sosial tersebut  jumlah peserta yang hadir sebanyak 64 orang dan terkumpul sebanyak 47 kantong darah yang langsung dibawa oleh PMI Kabupaten Pati.(LP.SNPT/Pendim)

About LintasPati.Com

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.