feature

WEDANG SAMPAH YANG KAYA MANFAAT PENANGKAL VIRUS CORONA

LintasPati.com - Featured


Wedang uwuh atau sebutan lainnya wedang sampah ini merupakan minuman khas dari Imogiri Kabupaten Bantul Jogjakarta. Menyebut Imogiri jadi teringat zaman dulu, kuno, dan serba lawas. Disana merupakan poros utama pemerintahan Mataram Islam di masa lalu banyak sekali peninggalan di Imogiri. Salah satunya wedang uwuh. Minuman dari berbagai macam rempah-rempah itu banyak digemari masyarakat. Selain sebagai penghangat tubuh, wedang uwuh juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

​Dalam bahasa Jawa, uwuh berarti sampah. Dikarenakan wedang uwuh diracik dari berbagai dedaunan dan rimpang, maka secara kasat mata seperti sampah atau uwuh. Racikan itu terdiri dari rimpang jahe, cengkih, dan gula batu. Ini merupakan racikan peninggalan zaman kuno. Untuk racikan pada zaman sekarang ada beberapa rempah yang lain diracikan wedang uwuh seperti daun pala, serutan kayu secang, serutan kayu manis, batang sereh dan perasan jeruk nipis.



Gulanya sesuai selera, bisa gula batu atau gula merah. Jahe sudah dikenal manjur mengusir berbagai keluhan. Sifatnya yang panas bermanfaat sebagai penghangat. Jahe juga terbukti manfaatnya untuk melancarkan peredaran darah. Minuman racikan tradisional khas Imogogiri Yogyakarta terbuat dari 100% rempah alami yang sudah turun temurun sejak zaman Raja Mataram.

​Wedang Uwuh merupakan minuman tradisional alami khas Jogjakarta yang terbuat dari rempah alami dengan aroma menyegarkan serta cita rasa rempah herbal unik & nikmat, juga kaya akan khasiat untuk kesehatan.

​Sejak zaman nenek moyang terdahulu, bahan ramuan wedang uwuh dipercaya dapat meringankan serta mencegah masuk angin & batuk ringan, melegakan tenggorokan, memperlancar peredaran darah, meningkatkan kekebalan tubuh, menghilangkan nyeri, capek, pegal, kembung dsb. Saat ini ramuan Wedang Uwuh Angkringan Jogja makin digemari & banyak dikonsumsi untuk menghangatkan badan, menjaga kebugaran tubuh.

​Saat musim pandemi covid-19 ini, banyak orang yang mencari wedang uwuh tersebut. Karena khasiatnya yang begitu banyak, bisa jadi wedang uwuh tersebut dipercaya bisa menangkal virus, dan mencegah terjadinya penyakit. Bagaimana? Kalian tertarik untuk mencoba minuman sampah kaya manfaat ini?



About redaksi

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.