Agar bisa naik pangkat, Prajurit kodim Pati harus lulus ujian ini

Pati-Untuk mengasah ketrampilan serta kemampuan para Prajurit Kodim 0718/Pati mulai hari ini dilaksanakan Uji Trampil Perorangan (UTP) Teritorial dan Intelejen di Markas Kodim Pati. Selasa,4/2/2020.


Uji Trampil Perorangan ini merupakan kegiatan rutin atau program yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali bertujuan untuk memelihara serta mengasah kemampuan serta ketrampilan para Prajurit sesuai dengan tingkat ketrampilan yang di sesuaikan dengan jenjang kepangkatan dalam kesatuan teritorial setingkat Komando Distrik Militer (Kodim).

Ini merupakan kelanjutan dari Latorsar (Latihan Perorangan Dasar) untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki para Prajurit Teritorial dan Intelejen Kodim Pati yang rencana akan dilaksanakan selama tiga hari mulai hari ini selasa, 4 februari sampai hari kamis 6 februari 2020.

Hasil atau nilai dari UTP ini juga digunakan sebagai salah satu persyaratan kelulusan untuk UKP (Usul Kenaikan Pangkat) yang mempengaruhi lulus dan tidaknya hasil tes kenaikan pangkat selain persyaratan lainnya sesuai dengan prosedur.

Sedangkan tingkat ketrampilan para Prajurit disesuaikan dengan jenjang kepangkatan yang ada di Kodim : Pangkat Pratu – Praka ketrampilan 2, Pangkat Kopda ketrampilan 3, Pangkat Koptu – Kopka Kertampilan 4, Pangkat Serda – Sertu ketrampilan 5, Pangkat Serka – serma Ketrampilan 6 dan Pangkat Pelda – Peltu ketrampilan 7.

Dalam kesempatan tersebut, untuk mengawali kegiatan dilaksanakan terlebih dahulu pengecekan serta apel pagi mulai pukul 07.00 wib yang dipimpin oleh Perwira Seksi Operasi (Pasi Ops) Kodim 0718/Pati Lettu Kav Budi Karyadi, SE sebagai perwira pengendali kegiatan.
"Setelah apel pengecekan ini nanti para prajurit supaya mengikuti kegiatan UTP sesuai dengan mekanisme yang telah ditentukan oleh penyelenggara dalam hal ini adalah staf ops Kodim,"

"Silahkan diisi formulir yang telah dibagikan sesuai dengan jenjang kepangkatan dan tingkat ketrampilan masing-masing, ada sebilan pos yang kami sediakan untuk menguji para prajurit sekalian," ucap Budi.   

Budi Karyadi juga menjelaskan bahwa kelulusan dalam UTP ini akanberpengaruh terhadap tes kenaikan pangkat anggota Kodim, dengan kategori lulus harus mencapai Nilai 85 sampai 100 (Baik sekali), Nilai 75 sampai 84,9 (Baik), Nilai 65 sampai 74,9 (Cukup), sedangkan kategori tidak lulus adalah Nilai 40 sampai 65 (Kurang) dan Nilai 0 sampai 40.

Hari pertama pelaksanaan UTP diikuti 167 Prajurit dari total keseluruhan personel berjumlah 466 orang prajurit Kodim Pati yang sisa personel rencana akan melanjutkan kegiatan UTP sampai dengan hari kamis 6 Februari 2020.

Selain UTP, dalam bulan februari ini juga akan berlanjut dengan kegiatan selanjutnya yakni UTJ (Uji Trampil Jabatan) sebagai kelanjutan sesuai dengan prinsip latihan bertahap, bertingkat dan berlanjut untuk menjaga profesionalisme para Prajurit yang bertugas di satuan teritorial. (Snpt/Pendim)

About LintasPati.Com

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.