Dandim Pati: Kepada Kades terpilih agar membangun sinergi dengan aparat lainnya diwilayah

Pati- Dandim 0718/Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani, SE sebagai narasumber dalam kegiatan Pembekalan Kepala Desa Terpilih Tahun 2020 mulai pukul 16.15 Wib di Gedung Pertemuan Lantai 3 Hotel New Merdeka Jl.  Dipenogoro No.69 Pati.Rabu,29/1/2020.


Kegiatan pembekalan tersebut dihadiri pula Plt Kabag Tapem dengan  peserta Diklat Calon Kades terpilih sebanyak 70 Orang, sedangkan maksud dan tujuan Diklat Calon Kades Terpilih Tahun 2020 yang merupakan kegiatan rutin agar kades yang baru dan belum pernah menjabat atau sudah pernah menjabat mendapatkan ilmu sehingga bisa diterapakan dimasyarakat. 

Dalam Materi yang di sampaikan oleh Dandim 0718/Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani, SE adalah seputar Modernisasi Kekuatan Militer, Perkembangan lingkungan Strategis, serta Permasalahan Kebangsaan dengan adanya gerakan-gerakan yang merongrong keutuhan NKRI seperti Gam di Aceh, RMS di Maluku, OPM di Papua, Terorisme, Isu Sara dan Komunisme.

Letkol Adi juga mengulas tentang perkembangan lingkungan Strategis diantaranya yakni Perubahan Iklim Global, Bencana Alam, Keamanan Pangan, Air dan Energi, penyebaran virus penyakit Sars, Corona dan Mers.

Perkembangan lingkungan Strategis lainnya berupa ancaman yang pada hakikatnya merupakan Faktor utama dalam penyusunan sistem pertahanan Negara berdasarkan analisa strategis dan Identifikasi terhadap hakikat ancaman kemungkinan terjadinya penggabungan dari berbagai ancaman Non Militer, Militer, Hibrida, Nyata dan belum nyata.

Tidak ketinggalan pula materi tentang sistem Pertahanan Negara juga diberikan dalam pembekalan tersebut. Sistem Pertahanan Semesta yang dianut oleh Negara Republik Indonesia dengan melibatkan seluruh warga negara, wilayah, segenap sumber daya dan sarana prasarana nasional yang dipersiapkan secara dini oleh Pemerintah, serta diselenggarakan secara total, terpadu,terarah & berlanjut.

Dipenghujung materinya, Dandim Pati juga mengulas tentang Tugas Pokok TNI serta Pelaksanaan Tugas Pokok TNI yang diemban sesuai dengan tupoksi masing-masing. Sedangkan Organisasi Kowil, Komando Kewilayahan yang terdiri dari Kodam, Korem, Kodim sampai tingkat Koramil yang bertugas pembinan Teritorial.

Menutup acara, Letkol Czi Adi Ilham Zamani, SE menyampaikan, "Saya berharap kepada saudara Kepala desa yang terpilih ini agar bisa bersinergi dengan rekan-rekan diwilayah nantinya untuk bersama-sama membangun semangat untuk kemajuan wilayah masing-masing, terutama demi Kabupaten Pati dan yang lebih umun demi bangsa dan Negara,"

"Langkah yang sangat penting nantinya dalam memimpin adalah dengan membangun sinergi dengan aparat kewilayahan lainnya yang dikenal dengan tiga pilar yakni Kepala desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa karena mereka bertiga ini merupakan ujung tombak di Institusi masing-masing,"Jelas Adi.(Snpt/Pendim)

About LintasPati.Com

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.