Binter Terpadu Kodim 0718 Pati dilaksanakan serentak hari ini

Pati- Pada Triwulan ke-IV dipenghujung tahun 2019, Jajaran Kodim 0718/Pati secara serentak melaksanakan kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter) Terpadu Tahun Anggaran 2019 dengan menggelar acara Komsos (Komunikasi Sosial) dengan aparat pemerintahan secara tersebar diseluruh wilayah Kodim 0718/Pati hari selasa,12/11/2019.


Kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter) Terpadu Tahun Anggaran 2019 Kodim 0718/Pati bertajuk "Memberdayakan Wilayah Pertahanan Melalui Kegiatan Binter Terpadu Guna Memantapkan Ruang, Alat Dan Kondisi Juang Yang Tangguh" yang dilaksanakan secara serentak dan tersebar di masing-masing eks Kawedanan yang meliputi : eks Kawedanan Kayen yang terdiri dari Koramil 04/Kayen, Koramil 19/Gabus, Koramil 20/Tambakromo, Koramil 09/Sukolilo yang dilaksanakan di aula Kecamatan Kayen dengan pemateri Kapten Cba M. Zuhri Antoro Danramil 04/Kayen.

Eks Kawedanan Jakenan terdiri dari : Koramil 05/Jakenan, Koramil 16/Jaken, Koramil 17/Pucakwangi, Koramil 18/Winong yang dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Jakenan dengan pemateri Kapten Inf Mujima Danramil 05/Jakenan.

Eks Kawedanan Pati terdiri dari : Koramil 01/Pati, Koramil 11/Gembong, Koramil 12/Margorejo, Koramil 13/Tlogowungu, dilaksanakan di aula Koramil 01/Pati dengan pemateri Kapten Inf Yahudi, S.Sos Danramil 01/Pati.

Eks Kawedanan Juwana terdiri dari : Koramil 02/Juwana, Koramil 07/Wedarijaksa, Koramil 15/Batangan, Koramil 21/Trangkil dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Juwana dengan pemateri Kapten Inf Sriyanto Danramil 02/Juwana.

Eks Kawedanan Tayu terdiri dari : Koramil 03/Tayu, Koramil 06/Margoyoso, Koramil 08/Cluwak, Koramil 10/Dukuhseti, Koramil 14/Gunungwungkal dengan pemateri Kapten Inf Sudirman Danramil 14/Gunungwungkal.

Acara Komsos dengan aparat pemerintahan yang dilaksanakan di masing-masing eks Kawedanan se Kabupaten Pati ini bertujuan untuk memperarat tali silahturahmi, komunikasi serta memantabkan jalur koordinasi antara aparat teritorial di Koramil jajaran Kodim 0718/Pati dengan seluruh aparat pemerintahan di jajaran Kecamatan sampai aparat pemerintahan di desa.

Pada kesempatan itu pula Kepala Seksi Teritorial Korem 073/Makutarama Letkol Inf Drs. Arif Ismawan  meninjau pelaksanaan kegiatan Binter Terpadu yang dilaksanakan secara serentak tersebut di tiga lokasi berbeda yakni di Koramil 01/Pati, di Pendopo Kecamatan Jakenan dan terahir adalah di Pendopo Kecamatan Juwana.

Dalam sambutannya yang disampaikan di tiga tempat tersebut, Kepala Seksi Teritorial Korem 073/Makutarama Letkol Inf Drs. Arif Ismawan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh tamu undangan yang berkenan hadir dalam kegiatan Komsos dengan aparat pemerintahan yang diselenggarakan oleh seluruh jajaran koramil di Kodim 0718/Pati.

Arif juga menyampaikan bahwa persatuan serta kesatuan bangsa serta Negara diawali dengan komunikasi serta hubungan silahturahmi yang baik karena dibangun dengan niat yang baik pula untuk menciptakan hidup rukun, damai dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Negara Indonesia adalah Negara yang besar yang terdiri dari ribuan pulau, ribuan suku bangsa dan bahasa serta kekayaan budaya dan kekayaan alam yang kita miliki sangatlah luar biasa sehingga sangat menggiurkan dari pihak luar untuk menikmati kekayaan yang kita miliki,"

"Semua itu tentunya harus kita jaga bersama-sama jangan sampai kita semua terpecah belah diadu domba sehingga dapat kehilangan kekayaan yang sangat luar biasa tersebut,"ucap Arif.

"Inilah tugas kita bersama, bukan hanya TNI namun semua pihak,semua rakyat Indonesia wajib menjaga itu semua, karena sudah diatur dalam undang-undang Dasar 1945,"

Kasi Ter 073/Makutarama juga menyampaikan bahwa apabila ada Negara lain yang mengganggu kedaulatan NKRI merupakan musuh TNI bersama seluruh rakyat Indonesia, sesuai dengan Doktrin Sistem Pertahanan Rakyat Semesta yang telah dirumuskan dalam undang-undang.

"Inilah yang menjadikan Indonesia Istimewa karena apabila ada yang mengajak perang dengan Indonesia, dia bukan hanya berperang melawan Tentara Nasional Indonesia saja melainkan dia harus menghadapi kekuatan seluruh rakyat Indonesia,"

"Untuk itulah perlunya kita sesama aparat pemerintahan menjalin komunikasi yang baik, menjalin silahturahmi yang baik dengan satu tujuan yakni menjaga tetap utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia," tuturnya. 

Dalam Kegiatan Komsos dengan aparat pemerintahan diisi dengan  materi tentang Wawasan Kebangsaan, dialog, Tanya jawab dan diselingi dengan metode kuis melempar pertanyaan kepada audiens seputar materi dan pemberian hadiah/doorprize oleh masing-masing perwira Koordinator Materi yang telah ditunjuk ditiap eks Kawedanan seluruh Kabupaten Pati.(Snpt/Pendim)

About LintasPati.Com

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.