Rapat pleno Sanitasi Total Berbasis Masyarakat desa Jembulwunut hari ini dilaksanakan

Pati - Kegiatan Rapat PLENO Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM)  desa Jembulwunut kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati  dilaksanakan  hari ini Kamis tanggal 29 Agustus 2019 bertempat dibalai desa  Jembulwunut.


Rapat pleno STBM ini dilaksanakan untuk  mengetahui data akhir jumlah masyarakat yang sudah melaksanakan gerakan  STOP BABS ( Buang Air Besar Sembarangan).


Sekedar informasi agar dipahami, bahwa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.


Sedangkan STBM ini sudah menjadi acuan nasional untuk program sanitasi yang berbasis masyarakat sejak dikeluarkanya  Kepmenkes No 852/Menkes/SK/IX/2008 tentang Strategi Nasional Sanitasi Total Berbasis masyarakat.


Banyak manfaat serta keunggulan yang dimiliki oleh STBM, ada 6 (enam) strategi nasional, yaitu meliputi:
1. Penciptaan lingkungan yang kondusif (enabling environment)
2. Peningkatan kebutuhan sanitasi (demand creation)
3. Peningkatan penyediaan sanitasi (supply improvement)
4. Pengelolaan pengetahuan (knowledge management)
5. Pembiayaan
6. Pemantauan dan evaluasi


STBM adalah satu-satunya program yang mengusung non subsidi untuk pembangunan sarana jamban tingkat rumah tangga, dan sampai saat ini masih menjadi program sanitasi yang terbukti paling cepat meningkatkan akses sanitasi dan perubahan perilaku masyarakat di Indonesia.


Disamping itu juga STBM adalah satu-satunya program sanitasi yang tertuju langsung ke tingkat rumah tangga dan berfokus pada perubahan perilaku, bukan pembangunan sarana.


Dalam rapat pleno yang dilaksanakan hari ini dimulai pada pukul 11.00 wib dihadiri oleh Kepala puskesmas kecamatan Gunungwungkal  Muh Danur Khusna bersama  tim penyuluh dari puskesmas, Danramil 14/Gunungwungkal diwakili Babinsa Jembulwunut Sertu Yuhari, kepala desa Jembulwunut Sri Dewi,Kader kesling desa Jrahi. (Snpt.Jhr/pendim)



About LintasPati.Com

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.