pati

Kompak, Forkopimda Pati Sholat Idul Adha Bersama

Pati _ Bupati Pati melaksanakan sholat idul adha 1440 H di Masjid Baitunnur Pati turut hadir Wakil Bupati, Dandim 0718, dan Waka Polres

Bupati Pati Haryanto dalam sambutan mengatakan Idul adha 10 Dzulhijjah 1440 H ini, jutaan kaum muslimin dari segala penjuru dunia berkumpul di padang Arafah, melaksanakan wukuf, menunaikan ibadah haji, rukun Islam yang kelima.

Inilah hari besar kemanusiaan dan keimanan, yang ditandai syiar penyembelihan hewan kurban, untuk mengenang dan meneladani peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim setelah beliau menerima wahyu ilahi melalui mimpi, yang memerintahkan beliau menyembelih putranya, Ismail. Sebuah ujian keimanan yang amat sulit dan berat dilaksanakan, bahkan tidak terbayangkan dari segi kemanusiaan.

Karena itu, peristiwa kurban seharusnya tidak dimaknai sebatas proses ritual, melainkan juga diletakkan sebagai keteladanan dalam konteks peneguhan nilai-nilai dan spirit pengorbanan, kemanusiaan, dan keadilan.

Atas dasar nilai-nilai spirit itu, peringatan Idul adha dan ibadah kurban memiliki dua makna penting yang pertama, makna ketakwaan manusia atas perintah yang diberikan Allah.

Kedua, makna sosial, di mana Rasulullah melarang kaum mukmin mendekati orang-orang yang memiliki kelebihan rezeki, akan tetapi  tidak menunaikan perintah kurban.

Kurban adalah media ritual yang sekaligus bernilai sosial, selain zakat, infak, dan sedekah. Untuk itu, kepada yang memiliki kelebihan rezeki sangat dianjurkan untuk berkurban.

Akan lebih indah bila nilai yang terkandung dalam peristiwa kurban kita terapkan pada diri dan keluarga kita dalam membangun masyarakat, daerah yang kita cintai, Kabupaten Pati.

Segenap pelaku pembangunan di Kabupaten Pati dituntut mengorbankan egoisme dan egosentrisme pribadi maupun kelompok, dengan hidup patuh pada ajaran Allah.

Sikap ini tercermin dalam kepatuhan kita kepada norma hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sebagai warga Kabupaten Pati yang terus berupaya membangun guna mencapai kemajuan daerah dan meningkatkan derajat kehidupan yang lebih baik bagi masyarakatnya tentu kita dituntut berbagai pengorbanan demi kepentingan masyarakat banyak atau kepentingan yang lebih besar dan lebih luas.

Setidaknya kita dituntut pengorbanan tenaga dan pemikiran hingga materi yang kita miliki untuk berkontribusi dalam upaya mencapai keberhasilan pembangunan yang lebih baik.

Pada kesempatan yang baik ini akhirnya atas nama Pemerintah Kabupaten Pati, selaku pribadi dan keluarga saya mengucapkan selamat Idul Adha 1440 hijriah selamat berkurban kepada semua yang melaksanakannya semoga semua amal ibadah kita mendapat ridho dari Allah SWT.

About LintasPati.Com

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.