berita pati

Terapkan e-Pasar, Cara Pemkab Pati Cegah Kebocoran Retribusi

Terapkan e-Pasar, Cara Pemkab Pati Cegah Kebocoran Retribusi 

LintasPati.Com - Kota, Masih dalam nuansa bulan Syawal, Bupati dan Wakil Bupati Pati kembali menghadiri halal bihalal di sejumlah OPD. Seperti pada Kamis (20/6), bertempatkan di Plaza Pragola, pasangan kepala daerah ini kompak hadir pada   acara halal bihalal keluarga besar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pati. 

Dalam sambutannya, Bupati Haryanto mengungkapkan, acara halal bihalal hampir seluruh OPD menyelenggarakan. Karena sudah menjadi tradisi dan bila tidak menyelenggarakan terasa ada yang kurang atau ganjil.

Bupati pun mengapresiasi penyelenggaraan halal bihalal di Disdagperin, karena tidak hanya mengundang pegawai saja, namun juga para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Pati.

Dalam halal bihalal ini pun Bupati Haryanto mengungkapkan, Disdagperin memiliki tugas yang sangat berat. Sebab selain bertugas membina pelaku UMKM, juga bertugas menghimpun restribusi atau pendapatan yang berasal dari pasar.
"Untuk restribusi pasar, kita sudah punya program yakni e-Pasar yang sudah diluncurkan pada pertengahan Desember lalu. Dengan e-Pasar restribusi walaupun baru sebagian, tetapi sudah berjalan untuk kios- kios dan lapak- lapak juga mulai dirintis. Untuk e-Pasar restribusi ini, bermanfaat sekali untuk menekan kebocoran di lapangan," tegasnya.

Haryanto menambahkan, kedepannya selain e-Pasar yang sudah berjalan, saat ini Pemkab Pati tengah melakukan proses pelaksanaan sosialisasi e-TPI. Namun untuk program e-TPI masih dalam proses belum secara detail. 
"Yang mana sebelum launching kita perbaiki dulu, agar para pengusaha, pemilik, nelayan, bakul, dan petugas tidak mengalami kendala," jelasnya.

Sementara itu Kepala Disdagperin Riyoso mengatakan, selama menjalani tugas  yang diembannya, ia mengakui tak lepas dari  perbuatan, kata, ucapan yang membuat luka hati atau dosa. Oleh itu dengan adanya halal bihalal keluarga besar Disdagperin ini, ia mengharapkan baik dari pegawai dinas, pasar, dan pelaku UMKM, bisa saling memaafkan perbuatan salah baik itu sengaja maupun tidak sengaja.

"Mari kita mulai lembaran baru di hari fitri ini, saya selaku Kepala Disdagperin mewakili seluruh karyawan mengucapkan mohon maaf lahir dan batin", pungkas Riyoso. (lp/ hms). 

About LintasPati.Com

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.